Sutradara “Blade” tinggalkan proyek dua bulan sebelum produksi

Kabar mengejutkan untuk para penggemar film Marvel. Pasalnya, sutradara “Blade” dari Marvel Studios, Bassam Tariq, resmi keluar dari proyek film tersebut hanya dua bulan sebelum produksi film dimulai.

Keputusan Tariq ini mengagetkan karena produksi rencananya dimulai November mendatang, dan tayang setahun kemudian pada 3 November 2023. Kabar tentang film yang akan dibintangi Mahershala Ali, Delroy Lindo, dan Aaron Pierre ini pertama dilaporkan oleh The Hollywood Reporter (27/9).

Tariq pun sebenarnya telah mengonfirmasi posisinya sebagai sutradara “Blade” pada musim panas 2021. Sebelumnya, dia berhasil mengepalai drama rap yang dibintangi oleh Riz Ahmed, “Mogul Mowgli”.

“Sungguh sebuah kehormatan untuk bekerja dengan rekan-rekan Marvel. Kami berhasil menggaet kru dan pemain yang tak main-main. Saya tidak sabar melihat bagaimana sutradara selanjutnya akan membawa film,” tulis Tariq dalam pernyataannya, sebagaimana melansir Variety (27/9). 

Di sisi lain, lewat pernyataan resminya, Marvel mengungkap alasan yang kurang lebih menjawab mengapa “Blade” bisa kehilangan sutradaranya, tepat dua bulan sebelum produksi.

“Melihat pergeseran jadwal produksi kami, Bassam tidak lagi akan menjadi sutradara “Blade” tapi tetap menjadi executive producer dari film. Kami menghargai bakat Bassam dan seluruh usahanya untuk mengembangkan Blade hingga hari ini,” ujar pernyataan resmi Marvel. 

Dengan begitu, Tariq pun tidak lantas lepas tangan sepenuhnya dari proyek film “Blade”. Tariq masih akan menjadi dewan produksi film adaptasi komik Marvel tersebut. 

Meskipun hingga kini masih belum diketahui persis dan pasti alasan di balik keluarnya Tariq dari posisi sebagai sutradara “Blade”. Mengingat keputusannya akan berpengaruh besar bagi alam sinema Marvel yang telah dirancang serinci mungkin untuk menghubungkan antar ceritanya. 

“Blade” sendiri merupakan cerita yang dibuat penulis Marv Wolfman dan seniman Gene Colan untuk “The Tomb of Dracula” No.10 pada 1973. Karakter Blade merupakan seorang makhluk hidup yang setengah kekal. Ia memburu vampir demi membalas dendam kematian ibunya yang meninggal karena vampir.