Koleksi konsol dalam 50 tahun terakhir dijual senilai $1 juta

Seorang kolektor gim yang berbasis di Prancis telah melelang sekitar 2.400 konsol yang pernah dibuat dalam 50 tahun terakhir, dari yang pertama hingga terakhir, dengan harga €984 ribu atau sekitar $1 juta. 

Pasalnya, ribuan konsol tersebut terdiri dari edisi standar, khusus, hingga yang tidak pernah dijual secara resmi. Melansir Kotaku (31/8), sosok yang dikenal dengan nama Kaori30 ternyata merupakan salah satu kolektor konsol gim terbanyak di dunia dan rupanya telah menjual koleksi konsolnya di eBay Prancis. 

Berdasarkan terjemahan Google dari daftar eBay, terungkap bahwa Kaori30 telah mengumpulkan konsol gim sejak awal 1990-an, jauh sebelum kegiatan mengoleksi muncul. Lantas untuk menjual puluhan ribu seperti saat ini bukan hal instan, dirinya pernah menjual seluruh koleksi 90-an itu pada pergantian abad.

Setelah itu, Kaori30 terus mengumpulkan konsol gim selama awal 2000-an dan berakhir pada 2011 silam karean kekurangan waktu dan kesulitan untuk menemukan barang langka. Namun, itu bukan akhirnya.

Pasalnya, pada 2018 lalu, Koari30 berhasil memperoleh hampir semua konsol gim yang pernah dirinya jual sebelumnya saat mengunjungi Tokyo. Itulah yang membuatnya menjadi kolektor raksasa.

Menurut Kaori30, dirinya sempat tidak percaya bahwa konsol gim langka tersebut dapat ditemukan lagi. Bahkan, dirinya merasa sekalipun seseorang dengan finansial mumpuni akan sulit menemukannya.

Maka itu, Kaori30 pun menyarankan agar koleksinya yang menakjubkan tersebut dipamerkan di museum.

People, GameFanyBatch 14Comment