Marvel Studios konfirmasi miliki penjaga garis waktu MCU

Marvel selalu memastikan bahwa semua proyek filmnya beserta dengan plotnya terintegrasi dengan mulus antara satu dengan yang lain sesuai garis waktu Marvel Cinematic Universe (MCU). 

Baru-baru ini, kepala penulis “She-Hulk: Attorney at Law” Jessica Gao berkomentar tentang bagaimana film tersebut berada di bawah garis waktu MCU dalam sebuah wawancara eksklusif dengan The Direct (29/8). Dirinya mengonfirmasi bahwa garis waktu kisah She-Hulk terjadi “pasca-Endgame”. 

Di sisi lain, waktu tersebut bisa dipastikan sesuai karena ternyata Marvel Studios juga memiliki seseorang yang bertugas untuk menelusuri garis waktu segala sesuatu di alam semesta karya mereka.

“Ini pasti setelah-pasca-Endgame. Sebenarnya ada orang Marvel yang tugasnya melacak timeline dari segalanya. Dan kami banyak memeriksa dengannya tentang di mana waktunya. Dan sepertinya, pertunjukannya (She-Hulk terjadi, red.) beberapa tahun setelah Endgame,” kata Gao.

Hal selaras pun diungkapkan sutradara Jon Watts di Entertainment Weekly ketika ia mempromosikan “Spider-Man: Homecoming”. Saat itu, Watts mengungkapkan bahwa ada “gulungan aktual” untuk memastikan semua peristiwa dalam MCU tetap sejalan dan sesuai dengan waktu yang pas.

“Ada gulungan sebenarnya yang mereka buka untuk saya… Salah satu produser saya, Eric Carroll, itu adalah pekerjaan pertamanya di Marvel untuk mengerjakan garis waktu dan melihat di mana hal-hal berbaris dan di mana tidak cukup berbaris. Seperti, 'Oh, saat itulah Captain America lahir’,” kata Watts.

Namun, tampaknya Marvel memperbaharui gulungan tersebut dengan seorang penjaga garis waktu akibat kesalahan kartu judul pada 2017 di film “Spiderman: Homecoming”. Para eksekutif pun belajar untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut dalam semua karya mereka di masa depan. 

Terlebih lagi, sampai pada “Avengers: Endgame”, kebutuhan akan timeline sangat penting karena Multiverse Saga terus berkembang dan melibatkan lebih banyak proyek. Oleh karena itu, kebutuhan penjaga waktu akan menjadi lebih umum dari sebelumnya demi melindungi garis waktu MCU.

Film, PeopleFanyBatch 14Comment