Kompilasi berita merger dan akuisisi bisnis Agustus 2022

HBO Max dan Discovery Plus akan merger jadi satu platform pada 2023

Warner Bros. Discovery akan menggabungkan HBO Max dan Discovery Plus menjadi satu layanan streaming yang lebih besar. Terkait hal itu, CEO David Zaslav mengonfirmasi dalam laporan pendapatan kuartal kedua pada Kamis (4/8). Raksasa media tersebut belum mengungkapkan nama platform yang baru walau tanggal peluncuran di Amerika Serikat telah ditetapkan, yaitu musim panas mendatang. Warner Bros. Discovery berencana memiliki 130 juta langganan global dengan penawaran streaming pada 2025. Di sisi lain, CFO Gunnar Wiedenfels menjelaskan, penggabungan ini bersifat komplementer karena HBO Max menarik demografis yang condong ke laki-laki dan Discovery Plus ke perempuan.

Startup Majoo raih pendanaan seri A senilai Rp149 miliar

Startup software as a services (SaaS) Majoo memperoleh pendanaan putaran pertama seri A $10 juta atau sekitar Rp149 miliar. BRI Ventures, AC Ventures, Quona Capital, dan unicorn Xendit berpartisipasi dalam investasi ini. Dana itu akan digunakan untuk memperluas pasar di Indonesia dengan menawarkan solusi komprehensif untuk UMKM dalam menjalankan operasional bisnis dan membantu menumbuhkan bisnis mereka. Selain itu, startup tersebut telah merangkul 35 ribu orang per Juli dan 96% di antaranya adalah pengguna aktif dengan retensi 12 bulan. Sejak peluncuran perdana, Majoo mencatatkan akumulasi 166 juta transaksi untuk UMKM yang nilainya setara $940 juta atau sekitar Rp14,3 triliun.

Startup Off Foods dapat dana segar Rp22 miliar dari Jungle Ventures

Startup foodtech Off Foods dikabarkan berhasil mendapatkan dana segar sebesar $1,5 juta atau sekitar Rp22 miliar dari Jungle Ventures. Sebelumnya, Off Foods telah mendapatkan pendanaan tahap awal sebesar $1,7 juta yang dipimpin oleh Alpha JWC Ventures bersama investor strategis lain, seperti Global Founders Capital, Lemonilo, dan lainnya. Off Foods sendiri ialah startup yang didirikan pada 2021 oleh Dominik Laurus dan Jhameson Ko. Startup ini berambisi jadi produsen protein alternatif Indonesia yang menyasar lebih banyak pemakan daging, tanpa mematikan daging dari hewan asli demi keberlanjutan.

East Ventures suntik dana startup logistik Superkul

Startup logistik Superkul umumkan pendanaan awal yang dipimpin oleh East Ventures dengan nominal dirahasiakan. Perusahaan akan meningkatkan operasional dengan dana tersebut. Caranya, Superkul akan menambah armada operasional, memperluas tim, dan meningkatkan kapasitas platform digital. Selain itu, perusahaan ingin membangun platform untuk mid-mile sebagai upaya melengkapi layanan yang ditawarkan. Superkul menyediakan layanan berbasis rantai dingin (cold chain) dan pendingin (chiller) mil terakhir (last-mile). Kini, jangkauan pengiriman Superkul berada di Jakarta dan Bandung. Perusahaan rintisan ini pun telah melayani sebanyak 231 klien dari sektor F&B, kesehatan, dan farmasi.

eBay akuisisi platform jual-beli trading card TCGplayer senilai Rp4,3 triliun

eBay akan mengakuisisi TCGplayer, platform daring untuk jual-beli trading card, senilai $295 juta atau sekitar Rp4,3 triliun. Akuisisi ini menandai langkah terbaru eBay di pasar trading card yang sedang melonjak semenjak pandemi COVID-19. TCGplayer sendiri adalah platform jual beli populer untuk trading card games seperti Pokémon, Yu-Gi-Oh!, dan Magic: The Gathering. Perusahaan itu juga menyediakan alat dan layanan penjual, termasuk penyimpanan dan pemenuhan pesanan.

GoTo merambah ke bisnis kripto, akuisisi 100 persen saham Kripto Maksima Koin

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dikabarkan mulai merambah ke bisnis kripto dengan mengakuisisi PT Kripto Maksima Koin (KMK). Berdasarkan pengumuman di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), GOTO membeli 100% saham perusahaan kripto lokal tersebut dengan nilai transaksi Rp 124,83 miliar pada 25 Agustus kemarin. Akuisisi ini dilakukan melalui anak usaha GOTO, PT Dompet Karya Anak Bangsa (DKAB) dan bertujuan untuk menambah perluasan kegiatan usaha perseroan.

E-Commerce AladinMall gandeng SIRCLO untuk tingkatan layanan belanja daring

Unit bisnis e-commerce milik MNC Group, AladinMall, mengumumkan kerja sama dengan penyedia solusi omnichannel commerce SIRCLO. Dalam kesepakatan, AladinMall dapat meningkatkan pilihan barang secara lebih luas kepada konsumennya, mengingat SIRCLO memiliki 700 merek prinsipal. Seluruh merek yang masuk ke dalam ekosistem MNC Group dapat terintegrasi ke konten media milik grup untuk menjaring transaksi. SIRCLO yang kuat dengan solusi omnichannel pun dapat memberikan nilai tambah bagi merek prinsipal sehingga dapat memberikan pelayanan belanja daring yang lebih baik.

Glints raih pendanaan seri D sebesar Rp740 miliar

Glints, salah satu platform pencarian kerja terbesar asal Singapura, meraih pendanaan seri D senilai $50 juta atau sekitar Rp740 miliar. Putaran ini dipimpin oleh DCM Ventures, Lavender Hill Capital, dan investor terdahulunya, PERSOL Holdings. Dengan nilai tersebut, total pendanaan yang diraih Glints mencapai $80 juta. Glints akan menggunakan pendanaan ini untuk memperluas pasokan talenta Glints di Filipina, menambah permintaan rekrutmen secara global, ekspansi tim, hingga melakukan pengembangan inovasi. Saat ini, platform Glints memiliki tiga juta profesional di lima pasar, yaitu Singapura, Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Taiwan. Selain itu, sebanyak 50.000 perusahaan yang mencari pekerja juga bergabung di platform ini, di antaranya AIA, IKEA, GetGo, KKday, dan Gameloft.