“Pink Venom” milik BLACKPINK tidak lolos K-Chart KBS “Music Bank”

Single terbaru yang menandakan comeback atau kembalinya BLACKPINK “Pink Venom” ternyata gagal masuk daftar K-Chart "Music Bank". Melansir Soompi (7/9), hal ini telah dikonfirmasi KBS karena lagu tersebut mencantumkan nama jenama CELINE dan ini menyalahi pasal 46 dari Aturan Penyiaran. 

Salah satu pasal dalam aturan Korea Selatan (Korsel) tersebut menyatakan bahwa lirik lagu tidak boleh mencantumkan nama merek atau produk, Jika demikian, maka akan dianggap tak layak untuk disiarkan.

Sebelumnya, stasiun televisi nasional Korsel KBS ternyata juga sudah melarang penyiaran lagu “Pink Venom” karena alasan yang sama. Maka itu, tampaknya kini bukan menjadi hal yang mengejutkan apabila lagu tersebut bisa masuk ke daftar peringkat bergengsi Korea Selatan “Music Bank”.

Jika kamu tidak menyadarinya di mana kata itu tersebut, rupanya pada lirik rap Lisa dalam lagu yang dirilis pada 19 Agustus itu menyebutkan, “This da life of a vandal, masked up and I'm still in Celine.”

Selain bagian rap Lisa yang terang-terangan menyebut nama rumah mode Prancis CELINE, lagu “Pink Venom” juga dibuka dengan lantunan Jennie yang menyebutkan, “Kick in the door, waving the coco.” Rupanya, lirik tersebut diasumsikan sebagai nama jenama mewah lainnya, yakni CHANEL.

Kabarnya, YG Entertainment yang membawahi idol group BLACKPINK tak akan menyunting bagian nama jenama tersebut, maka “Pink Venom” dipastikan tak akan masuk daftar peringkat “Music Bank”.

Pasalnya, tidak hanya tercantum dalam lirik lagu. Wardrobe yang digunakan keempat anggota BLACKPINK dalam video musik tersebut juga menggunakan barang dari berbagai jenama mewah.

Meski begitu, dua lagu lain dari grup beranggotakan Lisa, Jennie, Jisoo, dan Rosé, masih ditemukan dalam deretan KBS 2TV “Music Bank”. Kedua lagu tersebut adalah ”Lovesick Girls” and “As If It’s Your Last“ masih menempati peringkat ke-38 dan ke-40.

Di sisi lain, “Pink Venom” cukup mendominasi tangga musik domestik dan internasional. Maka itu, tak dimungkiri banyak penggemar yang bingung dengan keputusan KBS dan menganggapnya terlalu ketat. Single terbaru BLACKPINK tersebut bahkan muncul pertama kali dalam Billboard Hot 100.

Di samping itu, lagu tersebut menduduki puncak pada penghargaan musik mingguan lainnya, seperti MBC Show Champion, Mnet M Countdown, dan SBS Inkigayo.