ArtMoments Jakarta 2024 pamerkan 1000+ karya dari 200+ seniman & 40 galeri!

ArtMoments Jakarta 2024 resmi dibuka untuk menghubungkan seniman, galeri seni, penikmat seni, dan kolektor seni di Grand Ballroom Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel pada 9-11 Agustus.

Pameran seni ini mengangkat tema “Renewal” untuk merepresentasikan pertumbuhan pribadi, transformasi sosial, pembaruan budaya, kemajuan teknologi, dan keberlanjutan lingkungan yang berkaitan dengan kehidupan manusia.

Tahun ini, terdapat lebih dari 1.000 karya seni dari 200 seniman dan 40 galeri yang ditampilkan dan siap dimiliki oleh kolektor. Ribuan koleksi tersebut mencakup seni kontemporer, modern, dan new media.

“ArtMoments Jakarta 2024 fokus pada karya seni yang mencerminkan tema ‘Renewal’, karya-karya yang menginspirasi dan menantang para penikmat seni untuk menginterpretasikan karya tersebut. Esensi ‘Renewal’ kami lihat dari semangat perubahan, teknik, sudut pandang, sampai refleksi dunia,” ujar Co-Founder & Fair Director ArtMoments Dr. Sendy Widjaja dalam pembukaan ArtMoments Jakarta 2024,  Jumat (9/8).

Karya-karya yang ditampilkan tersebut telah melalui serangkaian kurasi. Harapannya, kolektor Indonesia dapat memperoleh kesempatan untuk memiliki karya seni terbaik di dunia.

Sendy menjelaskan, “Kami keliling dunia untuk memilih seni. Kami memilih seni yang terbaik untuk menginspirasi seniman Indonesia dan memperbaiki citra Indonesia di mata internasional.”

Beberapa seniman internasional ternama yang kembali berpartisipasi dalam gelaran kali ini ialah Aboudia, seniman kontemporer berdarah Amerika-Pantai Gading; Pongbayog, seniman kontemporer Filipina pemegang rekor dunia di Spectacular Mid-Year Auction 2024 Leon Gallery; dan Ren Zhe, pelopor patung kontemporer Tiongkok.

Selain itu, ada pula Heri Dono, seorang seniman Indonesia pertama yang menembus kancah seni global pada awal 1990-an. Ia menjadi pembuka ArtMoments Jakarta 2024 menampilkan seni kinetik yang menjadi ciri khasnya.

Baca juga: ArtMoments Jakarta kembali hadir, angkat tema “Renewal”

Turut mendukung seniman baru

Tak hanya seniman ternama, ArtMoments Jakarta 2024 turut mendukung dan memberikan kesempatan bagi seniman baru agar karyanya dapat dipamerkan kepada para kolektor serta penikmat seni.

Salah satu inisiatif yang dihadirkan ialah ArtWonders, bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta Dinas Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta.

ArtWonders membawa berbagai seniman dari Indonesia Timur dari program AKSILARASI Mandalika, sebuah program pendampingan jangka panjang untuk memperkuat ekosistem ekonomi kreatif.

“Kami memfasilitasi para emerging artists melalui booth ArtWonders. Ada 13 karya yang dipamerkan di booth ini, yang mana tujuh di antaranya merupakan karya seniman dari program AKSILARASI, sedangkan sisanya kami menggelar open call untuk memberikan kesempatan kepada emerging artists lain,” terang Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf Erwita Dianti dalam kesempatan sama.

Selain memamerkan karya dan memberikan kesempatan bagi kolektor untuk membeli langsung karya yang diminatinya, ArtMoments Jakarta 2024 juga menghadirkan serangkaian acara pendukung, mulai dari tur seni, diskusi menarik dari para ahli yang membahas berbagai topik, dan lokakarya.

Acara ini juga akan menggelar lelang yang bekerja sama dengan S. Sudjojono Center dan Larasati Auction House.

Jika tertarik, ArtMoments Jakarta 2024 terbuka untuk masyarakat umum dengan tiket masuk reguler seharga Rp100.000. Namun, pemegang kartu BCA bisa mendapatkan harga khusus Rp75.000 per tiket.

Tersedia juga tiket bundling seharga Rp180.000 yang sudah termasuk tiket reguler dan minuman. Informasi lebih lanjut bisa dilihat melalui Instagram @artmoments.id, ya!