Pertama di dunia, CASION kolaborasi antara seni rupa dengan charging station kendaraan listrik

Bersamaan dengan dibukanya Art Jakarta Gardens 2023, CASION menyelenggarakan kolaborasi antara seni rupa dengan charging station kendaraan listrik dan hal ini ialah pertama kalinya di dunia.

Berkolaborasi dengan para perupa kontemporer Indonesia, CASION menghadirkan charging station yang dikreasikan oleh Naufal Abshar, Karafuru by Museum of Toys, Tutu, dan Rizal Hasan.

Debut kolaborasi tersebut pun akan dipajang di Hutan Kota by Plataran selama pekan seni Art Jakarta Gardens tahun ini berlangsung mulai 7 hingga 12 Februari.

“Sebagai perusahaan yang berpikir maju, visi Casion melampaui pemasangan dan penciptaan gaya hidup sekitar EC (Electric Vehicle) charghing,” jelas CASION dalam rilis yang diterima TFR (7/2).

Lantas, perusahaan itu berharap untuk membangun ekosistem dengan EV charging yang mudah didekati, aksesibel, dan nyaman untuk semua. 

Baca juga: Sukses tahun lalu, Art Jakarta Gardens edisi kedua kembali hadir Februari 2023

CASION dan kolaborasi seni rupa

Perusahaan yang berambisi mempermudah akses industri mobilisasi di Indonesia ini ternyata telah memiliki sejumlah strategi untuk memperluas jangkauan charging station kendaraan listrik.

Salah satunya dilakukan CASION dengan memberi layanan pemasangan charging station secara gratis bagi gedung-gedung di Indonesia.

Harapannya CASION bisa mencapai angka 10.000 station pada 2025 mendatang. 

Lebih lanjut, keempat unit charging Station yang telah dikreasikan seniman kontemporer Indonesia itu, akan dipasang di sejumlah tempat di Kota Jakarta, mulai 15 Februari hingga 15 Maret tahun ini.

Seluruhnya unit akan berfungsi dan dapat digunakan pengguna kendaraan listrik di Lotte Shopping Avenue untuk hasil kolaborasi bersama Naufal Abshar dan Karafuru, di Tokopedia Tower bagi desain Tutu, serta Raffles Residence bagi karya Rizal Hasan. 

Tak berhenti di situ, karya kolaborasi CASION dan perupa ini juga akan dijual kepada para kolektor melalui galeri seni The Collectors Lounge yang menjadi mitra program ini.

Indonesia dan targetkan penggunaan 400.000 kendaraan listrik di 2025

Upaya perluasan jaringan charging station kendaraan listrik CASION, tampaknya beriringan dengan target Indonesia untuk memaksimalkan penggunaan tipe kendaraan itu dalam beberapa waktu ke depan.

Pasalnya, Indonesia menargetkan jumlah penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai roda empat mencapai 400.000 unit pada 2025. 

Hal itu disampaikan oleh kata Juru Bicara Kementerian Perindustrian, Febri Hendri Antoni Arif, melalui keterangan tertulis (20/9/22), dikutip dari katadata.

THE ECONOMY TIMES (14/6/21) juga melaporkan bahwa Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif sempat menyebut bahwa, “Seluruh motor pada 2024 harus digerakkan daya listrik, dan semua mobil baru yang dijual pada 2050 harus berupa kendaraan listrik.”

Di sisi lain, pada tahun yang sama, melansir IDN FINANCIALS (6/8/21), Indonesia mengharapkan pertumbuhan charging station kendaraan listrik sebanyak 2.500 per tahun.