Eric Nam gandeng seniman Indonesia Naufal Abshar untuk cover single terbarunya

Penyanyi dan penulis lagu Amerika Serikat keturunan Korea Selatan, Eric Nam, berkolaborasi dengan seniman Indonesia Naufal Abshar untuk membuat cover single terbarunya, “House on a Hill”.

“House on a Hill” merupakan single terbaru Eric yang diproduseri oleh rekan kolaborator Rabitt dan ditulis oleh Eric bersama dengan Rabitt, Madison Simmen, serta Riley Biederer.

Lagu ini merupakan cuplikan pertama dari album terbaru dengan judul yang sama, “House on a Hill”, yang diluncurkan pada 8 September 2023 mendatang.

Baca juga: Sasa luncurkan pameran virtual kolaborasi Naufal Abshar mulai awal bulan ini

Awal mula kolaborasi Eric Nam dan Naufal Abshar 

Mengutip siaran pers yang diterima TFR, Selasa (11/7), rupanya kolaborasi ini berawal dari pertemuan yang terjadi di hari pembukaan pameran Naufal Abshar di Los Angeles, Amerika Serikat.

Menurut Naufal, saat itu Eric bercerita bahwa ia sedang mempersiapkan untuk merilis album barunya dan ingin membuat cover album yang penuh dengan elemen artistik.

“Kami lalu memulai proses kolaborasi lewat sejumlah video call sambil kami berdiskusi mengenai ide-ide, inspirasi, dan cerita di balik ‘House on a Hill’,” terang Naufal.

Menurutnya, “Lagu yang sangat indah ini menyampaikan berbagai emosi, seperti rasa rindu dan suka serta duka dari kesuksesan yang kita raih, ditambah pikiran yang mempertanyakan kembali semua prestasi kita.”

Dalam kesempatan ini, Naufal menuangkan kreativitasnya untuk merangkum rasa kedamaian dan kesedihan yang dibahas oleh lagu “House on a Hill”.

“Selama berjam-jam kami berdiskusi dan saling bertukar ide. Eric merasa takjub dengan hasil akhirnya. Ia mengatakan bahwa aku berhasil merangkum semangat dari lagu ini dengan sempurna,” cerita Naufal.

Naufal kemudian melanjutkan, “Cover single ini menampilkan seorang laki-laki memesona yang sedang menikmati makan malam di sebuah restoran mewah sendirian. Ia ceritanya sudah sukses dengan sederet prestasi, tetapi ia merasa kosong dan tidak puas dengan semua harta dan kesuksesannya.”

Hasilnya, kolaborasi ini menghadirkan kombinasi powerful antara lirik-lirik yang dituangkan oleh Eric dalam lagunya, serta visualisasi seni yang dibuat oleh Naufal.

Ia berharap, ke depannya kolaborasi ini dapat menginspirasi satu sama lain serta orang-orang di seluruh dunia untuk selalu kreatif.

Kolaborasi lain dalam album “House on a Hill”

Selain Naufal, album ini juga berkolaborasi dengan 37th Degree yang sebelumnya pernah bekerja sama dengan BTS dan NewJeans untuk segi produksi. 

Untuk koreografinya sendiri, Eric menggandeng koreografer kelas dunia Kyle Hanagami yang juga telah berkolaborasi dengan BLACKPINK, CNCO, dan Justin Bieber.

Musisi ternama asal Inggris seperti HONNE dan Oh Wonder turut memproduseri album ini bersama Rabitt.

Eric Nam sendiri turut ikut serta dalam proses pembuatan konsep dan arahan kreatif video klip dan film pendek mendatangnya.

Meskipun album penuhnya baru akan dirilis pada September, namun video musik “House on a Hill” akan segera dirilis dalam waktu dekat ini. 

Eric juga akan meluncurkan empat video klip dan sebuah film pendek untuk menceritakan kisah-kisah unik di album terbarunya.

Eric Nam akan gelar tur “House on a Hill” 

Pada September 2023, Eric akan menggelar tur “House on a Hill World Tour”, di mana ia mengunjungi Amerika Utara, Amerika Latin, Inggris, Eropa, Australia, dan Selandia Baru lewat 80 pertunjukan.

Sebagai informasi tambahan, album ini merupakan materi orisinal pertamanya sejak album “There and Back Again” yang dirilis pada 2022 lalu.

Album tersebut melahirkan sejumlah single populer, termasuk “Lost on Me”, “Any Other Way”, serta “I Don’t Know You Anymore”.

“There and Back Again” sendiri berhasil menduduki tangga lagu Spotify di Amerika Serikat dan Inggris, serta masuk ke dalam daftar Billboard Top Album Sales.

Album itu juga diikuti dengan tur dunia pada 2022, di mana ia berhasil menjual ludes seluruh tiket untuk pertunjukan di 54 kota di Amerika Utara, Eropa, Inggris, Australia, hingga Selandia Baru.