5 fakta BT21, IP kolaborasi LINE FRIENDS dan BTS yang mendunia

Siapa yang tak kenal dengan karakter BT21? Rasanya, bahkan mereka yang bukan ARMY (nama penggemar grup idol K-pop BTS) pun tahu apa itu BT21.

BT21 adalah karakter yang lahir dari proyek kolaboratif LINE FRIENDS dan BTS. Sejak pertama kali diluncurkan pada 2017 silam, merek ini telah memikat hati banyak penggemar dan anak muda.

Tak heran, sebab karakter BT21 yang dibuat dan diilustrasikan langsung oleh BTS ini memang diluncurkan dengan storytelling yang unik dan menarik. 

Bahkan, LINE FRIENDS dan BTS terus berupaya meningkatkan komunikasinya dengan penggemar dari seluruh dunia melalui merek ini.

Mulai dari pembuatan konsep di awal pun melibatkan global fanbase BTS, yang sampai saat ini masih terus menunjukkan dukungannya untuk BT21. 

Yuk, kenalan lebih jauh dengan karakter BT21 dengan membaca artikel ini sampai habis!

Baca juga: Mural BTS segera hiasi dinding HYBE sesuai permintaan RM

1. BTS terlibat di seluruh tahapan

Melansir situs resminya, BT21 merupakan proyek pertama dari LINE CREATORS, yakni sebuah proyek intellectual property (IP) yang diinisiasi oleh LINE FRIENDS bersama dengan BTS.

Alih-alih hanya membuat avatar atau versi kartun dari masing-masing anggota BTS, proyek ini justru menciptakan karakter baru dengan tampilan unik.

BT21 terdiri dari delapan karakter menggemaskan yang berbeda, bernama Koya, Shooky, Cooky, Chimmy, Mang, Tata, RJ, dan Van; yang mana mereka diciptakan sendiri oleh setiap anggota BTS.

Ya, dalam proses membuat IP ini, BTS terlibat langsung dalam seluruh tahapan dan secara aktif berpartisipasi menggambar sketsa karakter-karakter tersebut.

2. Proyek pertama LINE FRIENDS CREATORS

Tak hanya itu ternyata, BTS ialah artis pertama yang bergabung dengan proyek FRIENDS CREATORS.

Di mana pihak artis yang digandeng harus membuat karakter yang selaras dengan kata kunci merek LINE FRIENDS, yaitu Global, Milenial, dan Trending.

LINE FRIENDS memilih BTS karena popularitasnya sebagai idol K-pop dan pengaruh besarnya di industri musik dunia.

Lebih dari itu, BTS juga dikenal sebagai storyteller ternama masa kini, sehingga lewat proyek ini mereka dapat membagikan cerita tentang pengembangan IP.

3. Ekspansi ke BT21 UNIVERSE

Besarnya dukungan yang diberikan oleh ARMY dan penggemar karakter LINE FRIENDS telah membuat IP kolaborasi ini berekspansi.

Pada 2019, BT21 berkembang menjadi BT21 UNIVERSE. Dari sana, BTS mulai menghadirkan berbagai gerai online dan fisik yang tersebar di berbagai lokasi di seluruh dunia.

Tak sekadar berjualan produk, BT21 UNIVERSE turut menawarkan berbagai pengalaman unik bagi konsumennya serta produk berkualitas tinggi.

Beberapa produk yang ditawarkan di antaranya buku, pulpen, boneka karakter BT21, tas, stiker, botol minum, gantungan kunci, kaus, bantal, sampai variasi produk riasan wajah!

Selain itu, BT21 UNIVERSE juga secara aktif meningkatkan kehadirannya di dunia digital melalui beragam konten animasi dan gim yang berhasil menarik minat penggemar karakter imut ini.

4. Kolaborasi dengan brand hingga punya gim

Ya, BT21 juga memiliki gim bertajuk “PUZZLE STAR BT21” yang tersedia di Google PlayStore maupun App Store.

Gim yang telah dimainkan lebih dari empat juta kali di seluruh dunia itu hadir berupa gim puzzle dengan menggambar dan meletuskan blok.

Kolaborasi juga tidak henti-hentinya dilakukan dengan menggandeng banyak merek dari latar belakang yang bervariasi.

Mulai dari merek apparel seperti UNIQLO, Dr. Martens, Skechers, dan Converse; merek skincare dan makeup seperti Azarine, ColourPop, dan Mediheal; sampai merek food and beverages (F&B) seperti Chatime, Dunkin’ Donuts, Chupachups, dan Paris Baguette.

Secara keseluruhan, BT21 telah berkolaborasi dengan lebih dari 20 merek besar dan ternama dari seluruh dunia!

Lewat kolaborasi dan kerja sama itulah BT21 selalu hadir dengan outlook yang vibrant serta youthful, sehingga terus diminati oleh banyak orang.

Baca juga: Seniman tato Polyc ungkap pengalaman membuat tato persahabatan untuk anggota BTS

5. Kenalan lebih dalam dengan karakter BT21

Karakter yang dibuat dan masing-masing merepresentasikan anggota BTS ini ternyata memiliki karakteristiknya masing-masing, lho!

Di samping bentuknya, storytelling dan pengenalan detail karakter inilah yang membuat BT21 masih terus relevan sampai saat ini walaupun sudah lebih dari lima tahun sejak pertama kali dirilis.

Jika dilihat penjelasan dari masing-masing karakter, dapat terlihat dengan jelas bahwa mereka merepresentasikan setiap anggota BTS.

Lantas, apa saja karakteristik dari kedelapan figur menggemaskan BT21? Yuk, ketahui lebih dalam ciri khas mereka di bawah ini!

  • Koya (RM), adalah karakter multi-talenta yang dikenal sebagai sleepyhead dan sering tertidur dengan pikiran yang penuh.

  • RJ (Jin), adalah karakter yang gemar makan dan memasak. Terinspirasi dari hewan llama, RJ adalah karakter menyenangkan yang bisa membuat orang di sekitarnya merasa nyaman.

  • Shooky (Suga), adalah karakter yang dikenal iseng. Satu-satunya hal yang paling tidak disukainya ialah susu.

  • Mang (J-Hope), adalah karakter yang selalu membawa masker wajah misterius. Jika maskernya dibuka, Mang akan menampilkan wajah dengan senyum yang menggemaskan!

  • Chimmy (Jimin), adalah karakter yang selalu menggunakan hoodie kuning. Karakter ini punya ciri khas selalu bekerja keras untuk segala hal yang menarik perhatiannya.

  • Tata (V), merupakan putra mahkota di Planet BT yang memiliki kekuatan super untuk menarik tubuhnya yang elastis.

  • Cooky (Jungkook), adalah karakter dengan wajah bersemangat yang selalu berstamina. Cooky merupakan teman yang selalu bisa diandalkan.

  • Van (ARMY), adalah robot yang mengetahui tentang segala hal di dunia Planet BT. Ia adalah pelindung ketujuh karakter BT21 yang lain.

Nah, itu dia berbagai fakta BT21 yang perlu kamu ketahui. Berawal dari stiker yang diluncurkan di LINE, sekarang BT21 jadi kolaborasi mendunia yang banyak disukai orang.

Baca juga: LEGO kolaborasi dengan BTS, luncurkan set panggung “Dynamite”