Diganti Blink-182, Frank Ocean dihapus dari headliner akhir pekan kedua Coachella 2023

Penyanyi Frank Ocean dihapus dari headliner akhir pekan kedua Coachella 2023 yang akan berlangsung pada Minggu (23/4). Jadwalnya akan digantikan oleh band legendaris Blink-182.

Melansir Variety (19/4), kabar ini diberitakan setelah penampilan Frank Ocean yang dianggap mengecewakan oleh para penggemarnya di pekan pertama festival musik Coachella 2023.

Penghapusan Frank Ocean pun telah dikonfirmasi langsung penyelenggara festival, meski mereka mengatakan alasannya adalah kondisi kesehatan fisik sang pelantun “Lost” tersebut.

“Frank Ocean tidak akan tampil di akhir pekan kedua Coachella,” tulis keterangan resmi acara musik tahunan Amerika Serikat tersebut.

Mereka menjelaskan, “Akibat cedera pada kaki yang dialaminya di festival menuju penampilannya di akhir pekan pertama, ia tidak dapat tampil sesuai rencana, maka dalam 72 jam pertunjukan harus diubah.”

“Atas saran dokternya, Frank Ocean tidak bisa tampil di akhir pekan kedua karena patah tulang dan keseleo di kaki kirinya,” pungkas penjelasan Coachella. 

Baca juga: Coachella gugat festival musik Afrochella atas pelanggaran merek dagang

Perubahan konsep panggung dan kekecewaan fans 

Sebelumnya, di akhir pekan lalu (16/4), penampilan panggung kedua Frank Ocean setelah menanti enam tahun justru menuai kekecewaan dan kritik penggemarnya.

Pasalnya, pertunjukannya terlambat satu jam, yang menurut sejumlah sumber disebabkan perubahan tatanan panggung di menit-menit terakhir menuju penampilannya di Coachella 2023.

Berbeda dengan kenyataannya, awalnya sang penyanyi direncanakan tampil dan menggelar pertunjukan di tatanan panggung yang rumit, yakni dengan dikelilingi pemain seluncur es. 

Akan tetapi, tiba-tiba beberapa jam sebelum penampilan Ocean, produksi besar-besaran itu dibatalkan karena sang musisi tidak ingin melakukannya.

Dampak dari perubahan mendadak itu, penampilan Ocean di Coachella jadi cukup membingungkan. 

Ada beberapa kru yang mondar-mandir menutup Ocean dan band-nya dan di tengah pertunjukan tiba-tiba ada set DJ yang berantakan, hingga membuat penggemar mengira penampilannya telah berakhir.

Penutup pertunjukan Frank Ocean juga mengecewakan 

Bahkan, melansir Pitchfork (19/4), pertunjukannya diakhiri dengan cara yang tidak biasa dan tiba-tiba. 

Saat di panggung, Ocean mengatakan, “Teman-teman, saya diingatkan batasan waktu, jadi ini adalah akhir dari pertunjukan. Terima kasih banyak.” 

Namun, setelah ia mengakhiri kalimatnya, tiba-tiba lampu langsung padam dan penonton bersaut-sautan mencemooh sembari mengatakan, “Kami ingin Frank.”

Selain itu, tayangan live streaming dari Frank Ocean di Coachella 2023 pada pekan lalu juga mendadak dibatalkan tanpa penjelasan. Hal itu bikin para penggemarnya di seluruh dunia merasa sangat kecewa. 

Di lain sisi, bersamaan dengan kabar pembatalan pertunjukannya di akhir pekan kedua Coachella 2023, Ocean tetap senang tampil di sana.

Katanya, “Sungguh kacau. Ada keindahan dalam kekacauan. Itu semua tidak direncanakan tapi saya bahagia bisa tampil dan sampai jumpa dalam waktu dekat.”