Grup kasidah legendaris Nasida Ria berkolaborasi dengan Google Indonesia

Google Indonesia berkolaborasi dengan grup kasidah legendaris Nasida Ria untuk merayakan momentum bulan Ramadan 2023.

Lewat kolaborasi ini, Nasida Ria mempersembahkan sebuah lagu bertemakan “#IniRamadanku” dengan irama khas grup tersebut.

Selain itu, terdapat pula video yang menampilkan ke-12 personel Nasida Ria tengah berdendang dan memainkan alat musik, dengan potongan cuplikan berbagai kebiasaan di bulan Ramadan.

Seperti berbagai tipe orang ketika berbuka puasa dan sahur, sampai kebiasaan ngabuburit dan berkumpul dengan nuansa kebersamaan yang melekat pada bulan Ramadan.

Ya, melalui kolaborasi ini, Google Indonesia ingin menyorot beragam cerita lucu dan momen seru ketika menjalani ibadah puasa di bulan ini.

Lebih jauh, tak hanya berdendang bersama, Google Indonesia turut mengajak masyarakat Indonesia untuk membagikan juga cerita Ramadan versi mereka.

Baca juga: Dangdut, genre klasik yang dipandang sebelah mata

Kolaborasi Google x Nasida Ria disambut respons positif

Meskipun dapat dikatakan sebagai kolaborasi yang out of the box dan tidak terduga, rupanya keputusan Google Indonesia untuk menggandeng Nasida Ria berhasil disambut hangat.

Dalam video yang diunggah oleh Google Indonesia di akun Instagram resminya, kolom komentar pada unggahan tersebut dibanjiri oleh ragam tanggapan positif dari netizen.

“Kolaborasi yang tak pernah kita minta, tetapi dikabulkan,” ujar salah seorang pengguna Instagram pada kolom komentar tersebut.

Ada pula yang memberikan komentar “Ternyata Google di luar prediksi BMKG” dan “Memang Google serba tahu keinginan warga”.

Komentar-komentar tersebut bahkan mendapatkan likes dari puluhan hingga ratusan pengguna lainnya.

Kenalan lebih lanjut dengan Nasida Ria

Nasida Ria sendiri merupakan grup kasidah asal Semarang, Jawa Tengah, yang saat ini terdiri dari 12 personel perempuan. Grup ini lahir pada 1975 silam, didirikan oleh HM Zain yang merupakan seorang guru qiraah. 

Melansir Suara.com, grup ini memiliki gaya musik yang identik dengan Arab klasik, dengan sedikit sentuhan alat musik modern.

Selain fokus berdakwah melalui lagu, Nasida Ria juga menyinggung isu-isu sosial dalam lagunya, seperti judi, perang, hingga bencana.

Nasida Ria sendiri tak hanya dikenal di Indonesia, sebab grup ini telah berulang kali tampil di panggung internasional sejak tahun 1988.

Misalnya saja pada 2022 lalu, Nasida Ria berkesempatan untuk tampil di acara Opening Week Music Program Documenta Fifteen di Kassel, Jerman.