Laporan “Loud & Clear” Spotify ungkap dampak streaming di Indonesia

Spotify meluncurkan data streaming Indonesia dan global lewat laporan tahunan “Loud & Clear” yang memberikan kejelasan tentang streaming musik serta dampak ekonominya.

Laporan ini menyoroti dampak streaming di Indonesia, menampilkan bagaimana makin banyak artis lokal ditemukan audiens global di tengah industri musik yang terus berkembang.

“Loud & Clear” terbaru mengungkapkan pertumbuhan memuaskan artis Indonesia di Spotify sepanjang tahun 2023.

Artis Indonesia ditemukan pendengar baru lebih dari 5,1 miliar kali, dengan lebih dari 3.600 artis Indonesia ditambahkan ke playlist editorial yang dapat meningkatkan visibilitas dan jangkauan mereka.

Streaming secara konsisten telah mendorong transformasi dalam industri musik. ‘Loud & Clear’ memberikan wawasan baru bagi para artis, industri, dan penggemar di seluruh dunia tentang apa yang diamati Spotify berdasarkan data-datanya,” ujar Head of Music Spotify Southeast Asia Kossy Ng di acara “Spotify Loud & Clear”, Rabu (17/7).

Sebagai informasi, “Loud & Clear” merupakan laporan tahunan Spotify yang perdana diluncurkan pada 2021 sebagai sumber informasi bagi artis dan penggemar mengenai ekonomi streaming.

Baca juga: Butuh hiburan? Simak 5 rekomendasi podcast komedi di Spotify!

Tangga lagu harian didominasi artis Indonesia!

Data dalam laporan tersebut juga menunjukkan bahwa hampir 60% dari lagu-lagu yang menduduki tangga lagu harian Top 50 Indonesia berasal dari artis Indonesia.

Pencapaian ini menunjukkan bahwa pendengar di Indonesia makin tertarik dengan artis lokal dan karya-karya mereka.

Betapa tidak, lewat streaming, para artis memiliki kesempatan untuk menjangkau pendengar di seluruh dunia.

Hindia sebagai salah satu perwakilan artis mengatakan, “Bangga rasanya melihat bagaimana musik Indonesia dapat menghubungkan pendengar baik di dalam maupun luar negeri, dan hal ini mendorong kami untuk terus berkarya.”

Sementara itu, secara finansial, artis Indonesia di Spotify di tahun 2023 berhasil memperoleh royalti hampir tiga kali lipat jumlah yang dihasilkan pada 2021, meningkat 1.500% sejak tahun 2017.

Adapun lebih dari 70% total royalti yang dihasilkan artis Indonesia di Spotify tahun lalu berasal dari artis atau label independen.

Streaming juga telah berdampak pada ekspor musik musisi Indonesia. Pada 2023, lebih dari dua per tiga royalti yang dihasilkan artis Indonesia berasal dari pendengar luar negeri.

Ini menunjukkan banyaknya musisi lokal yang sukses menembus batas bahasa dan budaya, serta menarik perhatian pendengar mancanegara.

Sejak 2018 silam, artis yang membawakan lagu dalam bahasa Indonesia secara kolektif mengalami pertumbuhan royalti Spotify sebesar 521%.

“Pertumbuhan artis Indonesia begitu luar biasa, dan kami yakin akan ada lebih banyak lagi yang membuat gebrakan di kemudian hari,” tutup Kossy.