Rayakan 150 tahun jeans ikoniknya, Levi’s gandeng tiga seniman muda Indonesia

Levi’s Indonesia menggandeng tiga seniman Indonesia untuk berkolaborasi dalam rangka merayakan 150 tahun salah satu celana jeans ikoniknya, yakni 501® jeans.

Pasalnya, celana jeans ikonik tersebut pertama kali mendapatkan hak paten pada 20 Mei 1873 silam.

Memperingati celana yang jadi salah satu ikon fesyen dunia dan inspirasi untuk berbagai jeans itu, Levi’s menggelar rangkaian aktivasi bertajuk “501®  Experience” di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Tiga seniman berbakat dan kreatif asal Indonesia yang terlibat dalam rangkaian peringatan ini ialah Angela Judiyanto, Indriya Jalu (Loudeath), dan Studio Koneki (Mar Kristoff).

Lewat kolaborasi ini, Levi’s menghadirkan koleksi denim dengan karya ketiga seniman yang diterjemahkan dalam bentuk patches, live screenprint, dan paint marker.

Selain itu, Levi’s Indonesia juga berkolaborasi dengan delapan anak muda yang merepresentasikan penggemar 501®  di Indonesia, dengan cerita hebat dan pengalaman sentimental yang beragam.

Pasalnya, menurut Country Manager PT Levi Strauss Indonesia Hary Prasetyo, 501® ialah celana yang awalnya dipakai oleh pekerja tambang, tetapi kini hadir sebagai bentuk untuk mengekspresikan diri.

“501®  telah berevolusi dari sebuah celana yang hanya dipakai oleh pekerja tambang menjadi ikon jeans dunia. 501®  hadir secara konsisten bagi banyak orang untuk mengekspresikan diri dengan melampaui batas budaya dan kelas sosial,” ujar Hary dalam siaran pers yang diterima TFR.

Latar belakang ikon anak muda yang dipilih ialah penyanyi, pencipta lagu, pengusaha, musisi, aktor, sampai hiphop artist, yang terdiri dari Abdul, Adrian Khalif, Arswandaru, Danilla Riyadi, Michael Killian, Morad, RameGvrl, serta Sammy Bramantyo.

Levi’s juga menggandeng tiga fotografer muda Hilarius Jason, Vicky Tanzil, dan Vonny Wong untuk mengabadikan momen para ikon tersebut ketika mengadakan celana favorit mereka.

Baca juga: Levi’s menggugat Hammies terkait merek dagang tab merahnya

Tentang “501®  Experience”

Aktivasi “501®  Experience” di Jakarta hadir di Original Levi’s Store Grand Indonesia East Mall lantai dua pada tanggal 19-20 Mei 2023 lalu.

Selama dua hari kemarin, para penggemar celana ikonik tersebut dapat mengikuti berbagai kegiatan, termasuk  di antaranya 501® History Exhibition, 501® Future Wearer Customization, 501® Experience Photo Booth, 501® Local Immersive Exhibition, 501® Fans Icons Photobook Launch, dan DJ Performances.

Sementara itu, puncak acara “501® Experience” akan digelar di Skylight at the Armory San Francisco, Amerika Serikat pada 19-27 Mei 2023 mendatang.

Di acara tersebut, akan hadir instalasi yang mengangkat cerita di balik celana jeans 501® sampai lokakarya denim di mana seluruh produk Levi’s dapat diperbarui, direparasi, hingga dikostumisasi.

Dalam kesempatan yang sama, Levi’s juga meluncurkan koleksi spesial 501® Original Birthday Selvedge dan 501® Original Banner Print yang terinspirasi dari banner Levi’s dari tahun 1930-an.

Lebih jauh, Levi’s turut mengumumkan kerja sama dengan girl group asal Korea Selatan NewJeans, yang telah ditunjuk sebagai global ambassador baru Levi’s.