“Pagelaran Sabang Merauke” segera digelar, libatkan 600+ seniman lintas genre

“Pagelaran Sabang Merauke” The Indonesian Broadway 2024 kembali digelar untuk kelima kalinya pada 17-18 Agustus mendatang di JIEXPO Theater Kemayoran, Jakarta Pusat.

Acara yang dipersembahkan oleh BCA dan iForte ini mengusung tema “Pahlawan Nusantara” untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Total akan ada empat waktu pertunjukan dalam dua hari penyelenggaraannya.

Tema yang diangkat sendiri bertujuan mengenal, menghargai, dan melestarikan semangat para Pahlawan Indonesia dalam menumbuhkan rasa persatuan serta kesatuan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia, selaras dengan nama pagelarannya.

Acara ini juga bertujuan mengapresiasi kekayaan seni budaya Indonesia yang beragam. Sutradara “Pagelaran Sabang Merauke” Rusmedie Agus mengatakan gelaran tahun ini akan diperkaya dengan alur cerita yang lebih mendalam.

“Kami menghadirkan beberapa inovasi baru yang melanjutkan cerita dari tahun sebelumnya. Komposisi penyanyi juga lebih beragam,” ujarnya dalam konferensi pers “Pagelaran Sabang Merauke”, Selasa (9/7) lalu.

Tiga penyanyi baru yang akan ikut meramaikan pementasan ini ialah Yura Yunita, Yan Yosua, dan Alicia Hartono yang dinilai merepresentasikan generasi muda saat ini.

Di samping itu, ada sejumlah penyanyi lain yang sebelumnya telah bergabung di pagelaran sebelumnya. Mulai dari Isyana Sarasvati, Mirabeth Sonia, Nino Prabowo, Alsant Nababan, Taufan Purbo, Christine Tambunan, Yuyun Arfah, Gabriel Harvianto, hingga Swain Mahisa.

Baca juga: Teater Koma persembahkan pertunjukan “Matahari Papua”, naskah terakhir dari N. Riantiarno

Libatkan ratusan seniman musik hingga tari!

Menariknya, “Pagelaran Sabang Merauke” ini melibatkan sekitar 657 seniman musik, tari, hingga tim produksi!

Selain sederet musisi ternama tanah air yang disebutkan, pementasan ini melibatkan delapan koreografer yang diketuai oleh Sandhidea Cahyo.

Bersama dengan timnya, ia akan menyajikan rangkaian tari tradisional dari berbagai daerah, dikombinasikan dengan elemen kontemporer agar masih relevan dengan selera penonton tahun ini.

Ia menjelaskan, “Tahun ini kami menyelipkan tarian kontemporer nontradisional seperti Street Dance untuk menciptakan variasi dan dinamika dalam pertunjukan. Ini menunjukan bahwa budaya tradisional bisa dikombinasikan dengan budaya modern tanpa kehilangan esensi sejarahnya.”

Menurutnya, cara ini dapat menjembatani warisan budaya dengan ekspresi modern, serta menjaga tradisi sembari memberi ruang bagi inovasi guna menciptakan pengalaman berkesan dan menginspirasi.

Prinsip selaras juga diterapkan dalam hal komposisi musik untuk pementasan ini. Penata Musik Dian HP mengintegrasikan elemen musik modern, seperti EDM dan rap, untuk menggabungkan rasa tradisional dan modern.

“Kami mengikuti arahan sutradara dan perkembangan budaya saat ini. Dengan demikian penonton dapat merasakan kekayaan budaya tradisional Indonesia sekaligus menikmati sentuhan modern yang menyegarkan,” ujar Dian.

Salah satu lagu yang akan ditampilkan bertajuk “Inspirasi Diri” yang diciptakan oleh Gitaris Sheila On 7 Eross Chandra. Lagu ini dilengkapi dengan video klip yang baru saja dirilis.

Tak hanya tema cerita, tari, dan musik saja, seluruh seniman terlibat pun akan dibalut oleh busana etnik wastra Nusantara yang berasal dari berbagai sanggar seni dan rumah mode, melibatkan desainer ternama dari Indonesian Fashion Designers Council (IFDC) seperti Ivan Gunawan.

Untuk menghadirkan busana-busana tersebut, tim penata busana bekerja dengan tim khusus untuk melakukan riset mendalam tentang keunikan dan orisinalitas busana daerah, dikoordinir oleh Era Sukamto.

Ivan mengungkapkan, “Proses ini berlangsung berbulan-bulan, dengan fokus pada detail untuk menciptakan pertunjukan yang spektakuler dan menginspirasi.”

Sebagai informasi, tiket “Pagelaran Sabang Merauke” The Indonesian Broadway 2024 mulai dijual hari ini, Kamis (11/7) melalui platform tiket.com, terbagi dalam empat kategori, yaitu Diamond, Platinum, Gold, dan Silver.

“Dengan cerita yang berkembang dan kehadiran bakat-bakat baru, kami yakin penonton akan menemukan banyak hal menarik dan merasa perlu menyaksikan kembali pagelaran ini,” tutup Rusmedie.