Museum di New York bakal gelar pameran tentang karier Taylor Swift

Kabar gembira untuk para penggemar Taylor Swift (Swifties) karena Museum of Arts and Design (MAD) di New York segera membuka pameran retrospektif karier penyanyi “Blank Space” itu.

Informasi tersebut diumumkan langsung oleh MAD pada Kamis (3/5) kemarin dan pameran bertajuk “Taylor Swift: Storyteller” itu akan dibuka mulai 20 Mei hingga 4 September tahun ini.

MAD menjelaskan pameran tersebut sebagai, “Penampilan perjalanan panjang karier dan pengolahan baru dari artistik pemenang 12 piala GRAMMY, yang memiliki sejarah penulisan lagu nan cemerlang.”

Baca juga: Mattel rilis Barbie Anna May Wong, rayakan Bulan Warisan Asia Amerika dan Kepulauan Pasifik

Pameran soroti kecakapan artistik Taylor Swift

Rupanya, pameran retrospektif karier Swift ini dilakukan MAD dengan menampilkan berbagai keindahan kostum dan kreativitas penyanyi “Ant-Hero” itu dalam tatanan artistik panggung hingga video musiknya.

Menurut MAD, pameran tentang Swift dibuat karena kemampuannya untuk menerjemahkan dunia lagu ciptaannya ke dalam kostum yang sangat indah, desain inovatif, dan ikonografi yang imajinatif.

“Di MAD, fesyen dan dekorasi dianggap memiliki nilai penting terkait bahasa visual, dan tidak ada yang bisa melakukannya seperti Taylor Swift,” ujar kurator MAD, Alexandra Schwartz.

Sang kurator lanjut menyampaikan, “Entah itu kemeja kotak-kotak dengan rambut berantakan, atau memukau penonton dengan kristal Swarovski di sekujur tubuhnya, Swift memberi arti lebih atas rasa, tekstur, dan kedalaman ekspresi penulisan.”

Tampilkan artefak Taylor Swift dari masa ke masa

Selama pameran, penonton dapat menikmati berbagai tatanan busana artistik termasuk kostum cheerleader dan ballerina dari video musik pemenang penghargaan, “Shake It Off” (2014).

Selain itu, gaun pernikahan berwarna merah dan seragam belhoop dari “I Bet You Think About Me (Taylor’s Version) (2021) juga akan dipajang selama pameran.

Tak lupa, pakaian berkilau “Bejeweled” (2022) hadir dalam pameran “Taylor Swift: Storyteller” di MAD.

Di luar hasil rancangan artistik busana yang telah dikenakan Swift, MAD turut menyoroti berbagai properti artistik, perhiasan, efemera, dan proyeksi video di berbagai sudut ruang pameran.

Sebagai informasi, “Taylor Swift: Storyteller” akan dilengkapi sederet program publik yang terinspirasi dari kreativitas dan dedikasi Swift.

Selain itu, berbagai merchandise Swift juga akan difitur dalam toko MAD selama pameran berlangsung.

Adapun pengunjung pameran ini harus membayar $25 per (sekitar Rp367.000) orang untuk dapat mengunjungi pameran yang terletak di Amerika Serikat tersebut.