Film “Petualangan Sherina 2” segera rilis, ajak penonton nostalgia usai 23 tahun

Riri Riza dan Mira Lesmana akhirnya kembali menghadirkan kisah persahabatan Sherina serta Sadam dalam film “Petualangan Sherina 2” usai 23 tahun film pertamanya dirilis.

Film yang diproduksi bersama Miles Films dan Base Entertainment itu akan membawa penonton bernostalgia bersama dan hanyut dalam drama, aksi, nyanyian, hingga tarian khas seperti yang ditampilkan pada film pertama!

Ya, film ini kembali dibintangi oleh Sherina Munaf sebagai Sherina dan Derby Romero sebagai Sadam, serta menampilkan warna musikal serta aksi petualangan.

Selain membintangi sang karakter utama, Sherina turut terlibat langsung sebagai music director. Ia menciptakan tujuh lagu baru yang liriknya ditulis bersama Mira Lesmana dan Virania Munaf.

“Musik yang diciptakan oleh Sherina tak hanya membuat penonton ikut terbawa dalam petualangan Sherina dan Sadam, tapi juga mengajak nostalgia bersama melalui melodi-melodi dari lagu ‘Petualangan Sherina’ pertama yang ia selipkan di film baru ini,” jelas Sutradara Riri Riza dalam Press Conference & Press Screening “Petualangan Sherina 2” di Jakarta, Senin (25/9).

Lebih jauh, film ini juga menggandeng Czech Symphony Orchestra yang membuat lagu ciptaan Sherina makin megah dan indah.

Baca juga: Dua film Visinema berkompetisi di Busan International Film Festival 2023

Proses produksi memakan waktu hingga tiga tahun

Mira dan Riri mengungkap, “Petualangan Sherina 2” memakan waktu tiga tahun untuk proses produksinya, dimulai pada 2019 silam lewat pengembangan skenario.

Sempat terdampak pandemi, film ini baru memasuki masa produksi pada Desember 2022 lalu dengan 49 hari syuting, melibatkan lebih dari 800 kru dan pemain.

“Kami mengerjakan konsep dan skenarionya kurang lebih tiga tahun. Ini adalah film yang kompleks karena hadir dalam bentuk musikal. Kita harus mempersiapkan koreografi, tari, dan sebagainya, sebab ini adalah elemen yang sangat penting,” jelas Riri.

Mira kemudian melanjutkan, “Di awal, ada banyak sekali elemen nostalgia yang ingin kami masukkan ke film kedua. Kami sadar betul bahwa film pertama bukan lagi milik kami, tetapi milik semua milenial yang memiliki kedekatan dengan apa yang ada di film tersebut.”

Sherina dan Sadam berpetualang untuk menyelamatkan orangutan

Menariknya lagi, “Petualangan Sherina 2” mengangkat isu mengenai pelestarian orangutan. Oleh sebab itu, film ini berlatar di Kalimantan.

Sherina dan Sadam pun akan terlibat dalam petualangan untuk menyelamatkan seekor orangutan bernama Sayu yang diambil secara ilegal dari habitatnya untuk dijadikan hewan peliharaan.

“Ketika akhirnya memutuskan untuk membuat sekuel, kami berpikir bahwa kami harus membawa cerita yang baik, cerita penting yang perlu disampaikan ke masyarakat. Inspirasi untuk cerita film ini datang saat saya dan Riri ikut Sherina melepasliarkan orangutan di Kalimantan. Ini sangat membekas bagi kami, sehingga akhirnya cerita inilah yang kami bawa,” kenang Mira.

Dalam proses penulisan naskah, Mira mengaku sangat berhati-hati agar tidak salah dalam menyampaikan informasi mengenai salah seekor satwa yang dilindungi itu.

Maka dari itu, “Petualangan Sherina 2” melibatkan berbagai pihak untuk berkonsultasi dan melakukan supervisi selama proses syuting berlangsung. Bahkan, seluruh hewan yang ditampilkan dalam film telah mendapatkan izin dan perlindungan yang ketat dari pihak berwenang.

“Kami berusaha menjaga supaya tetap terasa otentik. Semua hewan yang ada di film itu semua kami dapatkan dari sumber berizin, tidak ada yang ilegal. Jadi semuanya sangat detail dan kami pastikan tidak berisiko pada hewan-hewannya,” lanjut Riri.

Di lain sisi, meski telah berpisah selama 23 tahun, Sherina dan Derby masih memiliki chemistry yang kuat seperti pada film pertama.

Tak hanya keduanya, “Petualangan Sherina 2” juga diramaikan oleh beberapa karakter lama dan baru, mulai dari Isyana Sarasvati, Ardit Erwandha, Kelly Tandiono, Chandra Satria, Mathias Muchus, Ucie Nurul, Randy Danistha, hingga Quinn Salman.

Bagi yang sudah tidak sabar untuk menyaksikan kembali petualangan kedua karakter ikonik tersebut, film “Petualangan Sherina 2” akan dirilis pada 28 September 2023 mendatang. Sebagai informasi, film ini dinyatakan lulus sensor dengan kategori Semua Umur!