WhatsApp hadirkan fitur baru untuk edit pesan yang telah terkirim

WhatsApp baru saja meluncurkan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menyunting pesan yang telah dikirim kepada pengguna lainnya.

Dengan begitu, pengguna WhatsApp tidak perlu khawatir apabila melakukan kesalahan ataupun berubah pikiran setelah mengirim pesan.

Melansir siaran pers yang diterima TFR, Selasa (23/5), sekarang siapa pun bisa mengoreksi kesalahan ejaan atau bahkan menambahkan konteks ke dalam pesan.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memiliki kontrol lebih atas chat mereka. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa fitur ini berlaku hanya selama 15 menit setelah pesan dikirim.

Baca juga: Fitur baru ‘Kunci Chat’ dirilis WhatsApp untuk amankan pesan privat

Cara menyunting pesan WhatsApp

Jika ingin mencoba fitur baru ini, pengguna dapat menekan lama pesan yang sudah terkirim tadi, kemudian pilih “Edit” dari menu.

Nantinya, pesan yang telah disunting tersebut akan ditandai dengan tulisan “diedit”, sehingga orang yang mendapatkan pesan dapat mengetahui bahwasanya pesan tersebut telah dikoreksi.

Meski begitu, mereka tidak dapat melihat riwayat penyuntingan yang kamu lakukan serta melihat pesan yang sebelumnya dikirim seperti apa.

Adapun fitur pengeditan ini dilindungi oleh enkripsi end-to-end, sama seperti semua panggilan, media, sampai pesan pribadi.

WhatsApp sendiri telah meluncurkan fitur ini kepada pengguna secara global, tetapi fitur edit pesan ini baru akan tersedia bagi seluruh pengguna dalam beberapa minggu ke depan.

Sebelumnya, WhatsApp juga baru saja meluncurkan fitur baru bernama Kunci Chat yang memungkinkan pengguna melindungi percakapan dan pesan yang dianggap rahasia.

Fitur tersebut hadir sebagai salah satu upaya perlindungan ekstra untuk chat yang paling rahasia dan bersifat privat.