BTS bakal wajib militer, Jin mulai duluan usai rilis single solo dengan Coldplay di akhir Oktober

Ketujuh member BTS, boyband Korea Selatan yang telah memecahkan beragam rekor industri musik global dipastikan akan segera mengikuti wajib militer (wamil) selama sekitar dua tahun. Kabar tersebut diungkapkan langsung oleh label yang menaungi BTS, BIGHIT MUSIC, pada Senin (17/10) kemarin.

“Halo, ini BIGHIT MUSIC. Hari ini kami dengan bangga mengumumkan bahwa BTS sedang melangkah ke depan untuk memenuhi kewajiban dinas militer mereka,” tulis pernyataan resmi label itu yang dibagikan dalam akun Twitter resmi @BIGHIT_MUSIC dalam bahasa Korea, Inggris, China, hingga Jepang.

Tidak hanya itu, BIGHIT pun melanjutkan pernyataannya, “Setelah konser fenomenal untuk mendukung upaya Busan untuk World Expo 2030 dan saat setiap individu telah memulai usaha (proyek) solo, maka ini adalah waktu yang tepat dan para anggota BTS merasa terhormat untuk melayani (negara).”

Melalui sumber yang sama pun terungkap bahwa BTS direncanakan comeback pada 2025, setelah ketujuh anggotanya menyelesaikan wamil. Lantas, anggota pertama yang akan mengikuti wamil adalah member tertua, Kim Seok-jin atau Jin yang 4 Desember nanti akan berusia 31 tahun umur Korea.

Pasalnya, Jin pun sekarang telah melebihi ketentuan dalam Undang-Undang Dinas Militer tahun 2020 Korsel yang mengharuskan warga negara laki-laki berumur 18-28 tahun untuk menjalankan wamil. 

Namun, pada Desember 2020, Majelis Nasional Korsel mengesahkan aturan yang kerap disebut “hukum BTS” di mana memungkinkan idola K-pop menunda wamil hingga 30 tahun dengan rekomendasi Menteri Kebudayaan. Maka itu, pendaftaran Jin untuk wamil harus diselesaikan sebelum Desember 2022.

Di sisi lain, dalam pidato penutupan konser “Yet to Come” di Busan, Sabtu (15/10) kemarin, Jin baru saja mengungkap dirinya akan segera merilis single solonya yang berkolaborasi dengan 'sosok spesial'’.

“Aku mendapat kesempatan untuk bekerja sama dengan seseorang yang aku kagumi, jadi akan ada single (baru) yang segera rilis,” ungkap Jin di hadapan ARMY, penggemar BTS, melansir AllKpop (18/10).

Ternyata, sosok yang dimaksud Jin adalah Coldplay. Bahkan, kabarnya lagu tersebut adalah kado dari band Inggris yang sebelumnya telah bekerja sama dengan BTS dan menghasilkan “My Universe”. Nah, setelah menyelesaikan proyek solonya yang akan dirilis Oktober ini, Jin akan memulai wamilnya.

Sedangkan, RM, Jin, SUGA, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook akan mengikuti wamil setelah Jin. Dengan waktu keberangkatan yang akan didasari pertimbangan individu mereka bersama BIGHIT.

Sebagai informasi, para member BTS selama ini menunda kewajiban wamil hingga menuai perdebatan publik maupun pemerintah Korsel. Pasalnya, atas prestasi BTS di muka internasional, mereka kerap menjadi pengecualian untuk memenuhi kewajiban wamil hingga hampir ada survei publik terkait hal ini.

Di samping itu, melansir FORTUNE (17/10), setelah BTS merilis album sembilan tahun lalu, boyband ini telah menjadi powerhouse ekonomi Korsel, dengan memberi $3,6 miliar/tahun (sekitar Rp57,5 triliun) bagi perekonomian Korsel. Alhasil, keputusan wamil yang membuat mereka tidak akan berkarya sebagai grup selama beberapa tahun akan berdampak bagi perekonomian Korsel dan tentunya industri hiburannya.