Bawa optimisme, IdeaFest 2022 hadir offline dan gandeng berbagai komunitas

Festival kreatif akbar yang telah diselenggarakan selama 11 tahun, IdeaFest, akan kembali hadir pada November mendatang. Setelah dua tahun kehadiran pandemi, IdeaFest 2022 akan diselenggarakan secara offline untuk pertama kalinya pada 24-27 November di Jakarta Convention Center.

Tahun ini, IdeaFest mengangkat tema “Reality Re:defined” untuk mengusung semangat pertumbuhan industri kreatif di Indonesia melalui partisipasi dan kolaborasi dari seluruh lapisan industri kreatif tanah air.

“Pandemi punya stres dan isunya sendiri. Setelah pandemi ini kita melihat banyak berita negatif. Kita tahu kondisi dunia menuju resesi, banyak sekali negativity,” kata Co-Chairman IdeaFest 2022 Ben Seobiakto.

“Makanya kita rasa IdeaFest perlu hadir untuk memberikan energi, sebuah optimisme, membuktikan bahwa kita sebagai orang kreatif masih bisa memberikan inovasi terhadap kesulitan hari-hari ini,” ujarnya.

Pasalnya, tak bisa dimungkiri, sejak pandemi melanda masyarakat Indonesia bahkan dunia telah melewati masa sulit dan terus melanjutkan realita kehidupan. IdeaFest pun melihat fenomena ini sebagai kesempatan emas bagi orang-orang untuk terhubung kembali dengan diri mereka dan sekitarnya.

Sebab, koneksi ialah dasar kolaborasi dan terciptanya inisiatif baru bersama. Oleh karena itu, IdeaFest 2022 mengajak, khususnya pelaku industri kreatif, agar bisa re:connected, re:introduced, re:established, re:live, dan re:create sebagai upaya bersiap kembali ke realita kehidupan setelah melewati pandemi.

IdeaFest yang berawal dari gerakan komunitas ini pun telah merangkul lebih dari 1500 ideation selama satu dekade terakhir. Meski begitu, IdeaFest 2022 disebut akan berbeda dibanding tahun sebelumnya.

Hal yang membedakannya ialah promotor atau pihak IdeaFest tidak menentukan rangkaian acara, melainkan oleh beberapa komunitas utama. Adapun komunitas tersebut antara lain Utopia, Makna, Manual, Double Deer Group, Majelis Lucu Indonesia, Pemimpin.id, 11th space, TFR, dan Volix.

Menurut Lalita, salah satu Braintrust IdeaFest 2022, keterbatasan komunitas besar dapat dilengkapi oleh komunitas kecil. Sebaliknya, komunitas kecil memerlukan kekuatan yang diperoleh dari komunitas besar.

Tidak hanya itu, bersama dengan para rekan komunitas, IdeaFest 2022 juga turut menghadirkan beragam program, seperti IdeaTalks, Conference, IdeaFest Music, Hall of Makers, Manual Food Market, Lucu Fest, Lead The Idea, Litter by Litter, Utopia Blok:verse, Reality Re:united, dan Nex space.

Nantinya, para komunitas akan membahas hal menarik, seperti tentang film, Web3, kesehatan mental dan kesejahteraan, seni dan budaya, entrepreneurship, media, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada berbagai program yang masih dirahasiakan dan aktivitas seru seperti konser musik dan stand up comedy.

CEO Majelis Lucu Indonesia Patrick Effendy memberi bocoran soal Forum Discussion Group. Komedian akan membahas isu berat dan serius, meskipun dirinya tidak tahu apa-apa tentang isu tersebut dengan tujuan meningkatkan awareness mengenai isu terkini yang dibungkus dalam bentuk komedi.

Lalu, ada ruangan berkonsep speed dating, seperti pada IdeaFest 2019, di mana pengunjung dapat bertemu dengan para terapis, yang sebenarnya adalah komedian, untuk mencurahkan isi hatinya.

“Kebanyakan komedian ini punya keresahan dan mental issue yang luar biasa. Makanya kreatifnya juga luar biasa gila. Dan karena pandemi ini sangat menekan mereka, maka akhirnya timbullah ide-ide luar biasa, sehingga melahirkan produk komedi yang belum pernah dilakukan sebelumnya,” kata Patrick.

"Kita jadi sadar kalau orang yang suka dengan komedi kita itu adalah orang yang membutuhkan healing, tetapi healing-nya dalam bentuk ketawa. Makanya tagline kita, ‘Karena untuk healing, kalian butuh tertawa’,” lanjutnya.

Hal selaras juga dikatakan oleh Braintrust Adjie Santosoputro. Menurutnya, tertawa dapat memberikan healing sebab ketika tertawa, seseorang tidak akan memikirkan hal-hal yang mengusik dirinya. 

Lebih lanjut, Adjie mengatakan pentingnya menjaga kesehatan mental dan kesejahteraan tubuh. Adjie bilang, “Ketika kita tidak keduanya, bagaimana kita bisa produktif untuk mengeluarkan ide dan kerja di dunia kreatif? Penting untuk menjaga kesehatan mental agar ide kita itu tepat dan bijaksana.”

Rupanya, kesehatan mental ialah salah satu topik yang diutamakan di IdeaFest 2022. Ben berharap festival tersebut dapat menginspirasi dan membawa perubahan pikiran bagi orang-orang di tanah air.

Jika tertarik untuk datang, pembelian tiket dan informasi lebih lanjut terkait rangkaian acara IdeaFest 2022 dapat ditemukan di situs www.ideafest.id dan akun media sosial resmi @ideafestid.