Karya seniman asal Indonesia dipajang sebulan di Galeri Nasional Thailand

Untuk pertama kalinya, pameran lukisan karya seniman-seniman asal Indonesia digelar di Galeri Nasional Thailand. Rupanya, hal ini dilakukan dalam rangka ajang promosi seni lukisan Indonesia di Thailand sekaligus dapat menjadi wadah alternatif dialog bagi masyarakat Indonesia dan Thailand.

Menariknya, pameran tersebut dikabarkan akan berlangsung selama hampir sebulan, mulai dari 5-30 Oktober 2022. Dengan mengangkat tema “Bridge of Colors”, pameran ini bertujuan untuk menjembatani perbedaan yang ada agar mampu tercipta konfigurasi hubungan antara negara yang harmonis.

Pembukaan pameran telah dilangsungkan pada awal bulan ini, tepatnya, 5 Oktober 2022 lalu. Melansir Republika (7/10), pembukaan tersebut dihadiri oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand, Rachmat Budiman, dan dihadiri oleh Menteri Kebudayaan Thailand, Mr. Itthiphol Kunplome.

Tidak hanya itu, pembukaan juga dihadiri 150 tamu dari kalangan Duta Besar dan diplomat negara sahabat, para akademisi di bidang seni, para pencinta seni dan kolektor benda seni di Thailand.

“Melalui lukisan yang dipamerkan, para pengunjung diharapkan dapat menikmati keindahan alam, kehidupan masyarakat serta catatan peristiwa yang digambarkan oleh 11 pelukis ternama dari Indonesia,” ujar Dubes Rachmat dalam sambutannya melalui keterangan pers KBRI Bangkok.

Dubes Rachmat menjelaskan, pameran ini ialah bagian dari Trade, Tourism, Investment and Cultural Forum (TTICF) yang bertujuan meningkatkan promosi Indonesia di Thailand, sekaligus meningkatkan kerja sama yang baik di bidang perdagangan, investasi, pariwisata dan kebudayaan kedua negara.

Ia juga memperkenalkan sembilan dari sebelas pelukis yang dapat berpartisipasi secara langsung dalam pembukaan pameran lukisan itu. Mereka di antaranya Bambang Herras, Erica Hestu Wahyuni, Galuh Taji Malela, Hari Budiono, Jumaldi Alfi, Nasirun, Putu Sutawijaya, Rendra Santana, dan Tisna Sanjaya.

Sementara itu, Menteri Kebudayaan Thailand Itthiphol Kunplome dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap KBRI Bangkok atas penyelenggaraan kegiatan pameran lukisan ini. Menurutnya, kegiatan ini dapat mempererat kerja sama seni dan budaya Indonesia dan Thailand.

“Ini merupakan bukti kesamaan kepentingan budaya kedua negara. Sejak terjalinnya hubungan diplomatik Indonesia-Thailand, kedua negara telah mengembangkan kerja sama menjadi comprehensive partnership di semua bidang, khususnya kebudayaan,” ujarnya.