Film terakhir sutradara “Spirited Away” dengan Studio Ghibli hampir rampung

Produksi film terakhir penulis sekaligus mangaka asal Jepang Hayao Miyazaki dengan Studio Ghibli yang bertajuk “Kimi-tachi wa Dō Ikiru ka” atau “How Do You Live?” dikabarkan hampir rampung.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh chairperson Studio Ghibli Koji Hoshino dalam sebuah konferensi pers menjelang pembukaan Ghibli Park di Jepang pada Rabu (12/10) lalu.

Melansir The Film Stage (27/10), Koji Hoshino menyatakan bahwa proses produksi film animasi tersebut berjalan lancar bahkan selama pandemi COVID-19 beberapa tahun belakangan ini.

Meskipun tidak menjelaskan secara merinci kapan rilisnya, tetapi ia mengatakan film yang juga berjudul “Kimi-tachi wa Dō Ikiru ka” dalam bahasa Jepang itu akan menjadi karya sinema terakhir Hayao Miyazaki dan merupakan film terbesar yang akan diluncurkan Studio Ghibli.

Pasalnya, proyek yang diprediksi akan rilis pada 2023 itu menceritakan kisah seorang anak laki-laki berusia 15 tahun bernama Koperu dan pamannya yang pindah ke sebuah lingkungan baru.

Film ini mengisahkan bagaimana Koperu harus berhadapan dengan perundungan, kemiskinan, pendidikan, pekerjaan, keberanian, dan progresnya dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Di samping itu, produser “How Do You Live?”, Toshio Suzuki, mengungkapkan kabar terkini mengenai film yang disebutnya luar biasa itu. Pasalnya, demi film itu Miyazaki keluar dari pensiunnya.

“Kami masih menggambar semuanya dengan tangan, tetapi kami membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikan filmnya karena kami menggambar lebih banyak bingkai,” ujarnya.

Ia turut menuturkan bahwa pembuatan film ini melibatkan 60 orang animator, yang mana jumlah tersebut jauh lebih banyak daripada jumlah animator dari film Hayao Miyazaki sebelumnya.

“Dulu saat membuat film “My Neighbor Totoro” (1988) kami hanya melibatkan delapan orang animator dan kami bisa menyelesaikan film tersebut hanya dalam delapan bulan” ujar Suzuki

“Untuk film yang sekarang tengah diproduksi, kami melibatkan 60 orang animator, tetapi kami hanya bisa menghasilkan satu menit animasi dalam sebulan,” tambah Suzuki.

Terkait pemilihan judul “How Do You Live?” sendiri, rupanya Miyazaki yang juga sutradara film “Spirited Away” itu mengatakan, “Saya membuat film ini karena tidak mengetahui jawabannya.”