Perdana, Barbie kolaborasi dengan desainer Lebanon dalam Arab Fashion Week

Desainer selebriti asal Lebanon, Jean-Louis Sabaji berkolaborasi dengan Barbie milik Mattel dalam Arab Fashion Week (AFW) ke-21. Kabar yang terungkap pada Senin (10/10) di pembukaan acara AFW ini rupanya menandakan kolaborasi pertama antara desainer fesyen Arab bersama Barbie.

“Pekan ini juga menyoroti kolaborasi unik antara boneka paling beragam dunia, Barbie, dengan perancang busana Lebanon Jean-Louis Sabaji, desainer Arab pertama yang bekerja dengan ikon global,” tulis rilis resmi Arab Fashion Week yang diselenggarakan di Dubai dalam situsnya (10/10).

Koleksi kapsul Jean-Louis Sabaji x Barbie itu, ditampilkan di “Barbie Museum”, salah satu segmen dalam Arab Fashion Week yang di Dubai, Uni Emirat Arab, mulai Senin hingga 15 Oktober mendatang. 

Terinspirasi dari warna merah jambu nan cerah dan kekuatan ekspresi diri, “Koleksi desainer @jeanlouissabaji merayakan keindahan dan kekuatan perempuan,” tulis AFW dalam Instagramnya.

“Pengalaman pertama saya dalam fesyen dialami bersama boneka Barbie dan sebagai anak kecil, saya suka mendandani mereka. Saya masih memiliki gaun-gaun yang saya buat untuk mereka. Masih ada sekitar lima boneka,” ujar Sabaji sembari mengenang masa kecilnya, dilansir dari KAWA News (12/10). 

Rupanya, Jean-Louis Sabaji yang juga telah merancang pakaian untuk Beyonce hingga Cardi B, banyak menggunakan siluet megah penuh volume ala gaun Barbie dalam kolaborasi ini. Pakaian rancangan Sabaji turut dibubuhi beraneka kristal, bentuk hati dan pita, manik-manik, serta bulu halus.

Sebagai informasi, perhelatan AFW yang didukung Arab Fashion Council (AFC) dan Dubai Design District (d3), menghadirkan beragam desainer dan tamu terkemuka dunia. Perhelatan ini menampilkan peragaan busana koleksi Fall Winter 22/23 haute couture dan Spring Summer 2023 ready-to-wear.

Mohammed Aqra selaku Chief Strategy Officer AFC, mengungkap, “Kami sangat bahagia menyambut kolaborasi Barbie x Jean Louis Sabaji dan #SheCreates dari META dalam kalender fesyen edisi ini, dan kami sangat bangga untuk memperluas aliansi  yang mendorong ke panggung global, memberdayakan karya perempuan dan membentuk masa depan wilayah kami.”