Tas dengan sentuhan personal hadir demi temui pasar dengan sempurna

Jenama lokal asal Bandung NIION baru saja meluncurkan koleksi terbarunya yang diberi nama NIION Friends and Family (FnF) yang terdiri dari empat artikel pada akhir Oktober lalu.

Bahkan, brand tersebut berhasil menjual seluruh koleksi first look FnF dalam waktu singkat di acara Trademark Market Vol. 2 2022 yang digelar di Mall Paris Van Java, Bandung.

Kehadiran NIION FnF yang punya lima warna tiap artikelnya tak hanya membawa napas baru dari produk sebelumnya, tetapi juga dirancang lebih matang agar berhasil menemui pasarnya dengan sempurna.

Di samping itu, segmentasi pasar terbesar untuk koleksi ini ialah perempuan dengan detail tas yang tak hanya variatif dalam segi warna, tetapi dalam hal fungsi dan siluet yang dihadirkan.

“Kita ingin membawa local pride agar konsumen bangga pakai produk dalam negeri. Kita membawa kenyamanan dengan bahan yang ringan,” ujar Brand Director NIION, Qisthina Gaisani, saat dihubungi.

Koleksi tas dengan sentuhan personal

Melalui koleksi terbaru ini, NIION bermaksud menyampaikan cerita kepada para konsumennya, yakni bagaimana konsumen bisa mengingat teman atau keluarganya saat membeli produk terbaru ini.

“Di koleksi ini, kita konsepnya memang sebagai hadiah. Kita ada label yang bisa ditulis untuk personal message. Apalagi sekarang udah lumayan banyak budaya ngasih hadiah, mengapresiasi,” ungkap Qisty.

Tidak hanya itu, Qisty pun mengatakan, “Kita pengin lewat tas ini teman-teman bisa kasih reward atau apresiasi buat keluarganya, temannya, even buat dirinya sendiri.”

Menurut Qisty, sentuhan personal inilah yang menjadikan koleksi NIION FnF lebih unggul dari koleksi-koleksi sebelumnya.

Tak sekadar menawarkan koleksi tas yang bisa dipakai sehari-hari, jenama lokal yang sebentar lagi berusia 10 tahun itu juga menawarkan ‘value’ lebih berupa pesan yang memberikan kehangatan.

“Suatu produk yang dibikin dari hati pasti akan sampai ke hati. Gimana caranya kita kasih nyawa ke sebuah barang. Salah satu caranya kita kasih cerita, kita sampaikan sebuah pesan, supaya NIION juga bisa jadi media untuk menyampaikan apresiasi, kasih sayang, happiness,” ungkap Qisty.

Gandeng kolaborator untuk sebarkan pesan 

Ke depannya, NIION juga akan berkolaborasi dengan brand lain ataupun influencer agar pesan yang tertanam di koleksi FnF bisa makin tersebar luas.

Meski belum menyebutkan siapa yang akan digandeng untuk kerja sama nanti, tetapi khusus koleksi terbaru ini, NIION ingin bisa berkolaborasi lintas industri agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

“Kalau untuk FnF, kita ingin kolaborasi itu crossline, nggak cuma sekadar sama-sama di industri fesyen atau apparel. Nggak menutup kemungkinan kita akan kolaborasi sama brand keluarga, musisi, penulis, atau media,” pungkasnya.

Di sisi lain, dalam memilih kolaborator, Qisty pun menekankan pentingnya memilih seseorang yang memiliki visi dan misi untuk menginspirasi orang sekitar.

“Harus memiliki value yang sama dengan kita dan punya pesan positif yang ingin disampaikan. Jadi kita bisa sama-sama bikin movement yang menginspirasi,” kata Qisty.

Lebih jauh, kata Qisty, yang terpenting adalah bagaimana NIION sebagai brand dan kolaboratornya nanti bisa menggabungkan pesan yang ingin disampaikan yang bisa menginspirasi banyak orang.