TikTok uji coba mode layar horizontal, disebut mulai mengancam YouTube

Platform yang dikenal dengan video pendeknya, TikTok, telah memulai uji coba pada mode layar horizontal dengan sejumlah pengguna terpilih secara global, seperti dilaporkan TechCrunch (14/12).

Rupanya, pengguna yang memiliki akses untuk mencoba fitur baru tersebut akan melihat tombol pilihan “layar penuh (full screen)” dalam bentuk kotak atau segitiga pada video di feed TikTok mereka.

Lantas, ketika tombol tersebut ditekan, maka video yang ditampilkan akan berubah menjadi mode layar penuh secara horizontal yang memungkinkan pengguna menikmati video dengan lebih nyaman.

Di sisi lain, fitur yang tengah dalam masa percobaan ini turut menandakan cara TikTok mengecam batasan YouTube. Pasalnya, pada awal tahun ini, TikTok juga sudah mulai meluncurkan opsi di mana kreator pada platform ini dapat mengunggah video yang berdurasi lebih panjang, yakni hingga 10 menit.

Tak pelak, langkah dan fitur-fitur terbarunya tersebut dilihat sebagai salah satu cara TikTok untuk menarik kreator video yang biasanya mengunggah video dengan durasi lebih panjang di YouTube.

Dengan ekspansi ini, kreator TikTok memiliki lebih banyak fleksibilitas dan ruang lebih besar untuk eksplor kreativitas dalam merekam konten, misalnya membuat demo memasak, tutorial kecantikan, konten edukasi, komedi, dan sebagainya, tanpa harus terlalu memusingkan panjang video.

Setelah menerapkan video panjang dalam beberapa waktu belakangan, tak heran apabila aplikasi berbasis video ini terus berusaha meningkatkan pengalaman pengguna dalam menikmati video-video pendek, sekaligus mendukung kreativitas kreator.

Bahkan, kehadiran mode layar horizontal ini memungkinkan kreator agar tak lagi perlu menambahkan tulisan “putar layar” pada video ketika ingin penonton lebih menikmati video yang disediakan.

Di sisi lain, tak dimungkiri ada pula pengguna yang memberikan komentarnya dan mengatakan TikTok terlalu cepat untuk meniru YouTube. Bisa begitu karena kebanyakan pengguna yang menjadi penikmat ataupun kreator sudah terbiasa dengan format tampilan vertikal yang menjadi ciri khas aplikasi ini.

Selaras dengan itu, TikTok sendiri belum memberikan kepastian terkait rencananya untuk meluncurkan mode layar penuh yang hadir secara horizontal  kepada seluruh pengguna.