Suga BTS dilaporkan akan wajib militer sebagai agen layanan sosial karena cedera

Media lokal Korea Selatan melaporkan pada Selasa (13/12), label BIG HIT MUSIC telah merespon pendaftaran wajib militer (wamil) Suga BTS dan akan ditugaskan untuk menjadi agen layanan sosial. 

Akan tetapi, belum ada tanggal spesifik terkait keberangkatannya. Pasalnya, melansir All Kpop (13/12), BIG HIT yang menaungi rapper bernama lengkap Min Yoon-gi itu pun telah menanggapi kabar tersebut.

“Untuk saat ini, kami tidak bisa memberikan konfirmasi informasi pribadi apa pun yang berkaitan dengan anggota BTS,” demikian bunyi sepenggal pernyataan BIG HIT yang juga menjelaskan bahwa setiap anggota boy group BTS itu akan menjalani wamil sesuai dengan rencananya masing-masing.

Pasalnya, Suga yang lahir pada 1993 seharusnya masih memiliki waktu hingga akhir tahun depan untuk melakukan pendaftaran wamil, sebagaimana penangguhan pendaftaran kewajiban itu sampai usia maksimal 30 tahun yang diberikan Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan.

Lantas, setelah beredar kabar mengenai penugasan wamil Suga, banyak yang berspekulasi bahwa dirinya ditugaskan sebagai agen layanan sosial karena pernah mengalami cedera bahu pada 2020 lalu. 

Bahkan, dikutip dari Soompi, saat itu agensi meluncurkan pernyataan resmi yang menjelaskan mengapa salah satu artisnya tersebut harus menjalani operasi.

Dalam keterangannya pada 2020, BIG HIT mengatakan, “Suga juga merasa penting baginya untuk mengembalikannya kesehatannya guna persiapan wamil dan juga karier musiknya setelah itu. Usai diskusi panjang dengan perusahaan, akhirnya diputuskan untuk mengambil tindakan operasi”.

Di sisi lain, melansir NME, fleksibilitas terkait ketentuan layanan wamil dapat disetujui apabila individu itu memiliki kondisi kesehatan tertentu yang dianggap berisiko memburuk selama menjalani kewajiban di militer.