Apple, Google, dan Mozilla kerja sama bangun browser teranyar dan tercepat

Ketiga perusahaan teknologi raksasa, yakni Apple, Google, dan Mozilla bersekutu untuk membangun next-gen browser (perangkat pencarian web generasi selanjutnya) bernama Speedometer 3.

Pasalnya, melansir The Verge (17/12), browser versi teranyar itu diklaim akan menjadi yang terbaik dan menghadirkan pengalaman pencarian tercepat di dunia maya. 

“Speedometer 2 adalah langkah maju yang ketika diluncurkan pada 2018, tapi sudah waktunya untuk mencoba bersama pengguna asli dari kehidupan maya hari ini,” tulis cuitan Twitter Mozilla (16/12).

Perusahaan itu juga menjelaskan bahwa kerja sama antar tiga pemain terdepan dalam bidangnya tersebut akan membantu menghadirkan, “pemahaman bersama tentang apa yang penting.”

Betapa tidak, mereka mengembangkan Speedometer 3 dengan membandingkan layanan WebKit milik Safari, dengan Blink milik Chrome atau mesin V8 milik Google, serta SpiderMonkey milik Mozilla.

Meski kabar ini menunjukkan kesediaan para perusahaan untuk menyajikan pengalaman terbaik bagi pengguna, Google menekankan dalam utas Twitternya bahwa ketiganya telah membangun aturan demi menghindari penggunaan informasi antar perusahaan untuk kepentingan pribadi perusahaan.

Aturan itu pun disebut sebagai “Speedometer Governance Policy” (Kebijakan Pimpinan Speedometer). 

Di mana jika ada perubahan besar (major change) harus disetujui masing-masing perwakilan Apple, Google, dan Mozilla. 

Sedangkan bila itu perubahan minor (non-trivial change), maka membutuhkan setidaknya mufakat dari minimal dua perusahaan.

Menurut penjelasan dalam laman GitHub, layanan Speedometer 3 masih dalam tahap pengembangan dan masih belum stabil. “Kami akan membagikan informasi lebih lanjut dalam beberapa bulan ke depan, tapi saat ini, kalian bisa menyaksikan perkembangannya di GitHub,” tutup utas Google (16/12).