Disney dapat hak siar anime “Phoenix: Eden 17” karya kreator “Astro Boy”

Disney mengumumkan pada akhir bulan lalu, tepatnya pada Rabu (30/11) bahwa Studio ​​4°C akan membuat animasi “Phoenix: Eden17”. Pasalnya, adaptasi baru dari manga “Phoenix” karya Osamu Tezuka tersebut secara eksklusif akan tayang di seluruh dunia di Disney+ pada 2023.

Selaras dengan judulnya, anime tersebut menceritakan tentang seorang perempuan bernama Romi dan pasangannya yang berangkat dari Bumi menuju ke kehidupan baru di planet Eden17.

Akan tetapi, dikutip dari Anime News Network (30/11), kehidupan di planet baru tersebut ternyata sudah punah, sehingga Romi pun harus berusaha lebih keras dan menjalani kehidupan yang lebih keras lagi di sana. Di samping itu, anime ini juga dikabarkan akan mengangkat karakter dari cerita lainnya.

Beberapa kemungkinan berasal dari karya Osamu Tezuka lainnya, seperti “Nostalgia”, “Universe”, “Strange Beings”, dan “Life”. Memang faktanya, manga “Phoenix” merupakan antologi dari 12 cerita mandiri yang berlatar di banyak era di waktu, mulai dari masa prasejarah sampai masa depan.

Melansir Comicbook (30/11), sebelumnya “Phoenix” sudah pernah diadaptasi ke layar lebar yakni berupa film live-action dari cerita “Dawn” yang dirilis pada 1978 dengan judul “Hi no Tori”. Bahkan, film tersebut juga dirilis di Amerika Serikat (AS) pada 1982 dengan judul “The Phoenix (Hinotori)”.

Berbagai cerita arcPhoenix” juga telah diangkat ke sejumlah serial anime sebelumnya, di antaranya “Phoenix 2722” yang dirilis pada 1980, lalu sekuelnya “Phoenix: Karma Chapter” diluncurkan pada 1986.

Ada pula animasi video orisinal bertajuk “Yamato Chapter” dan “Space Chapter” pada 1987. Manga ini juga diangkat menjadi serial televisi anime yang terdiri dari 13 episode pada 2004 dan di-dubbing ke dalam bahasa Inggris pada 2007.

Selain manga “Phoenix”, Tezuka juga telah memiliki sejumlah karya ikonis lainnya, mulai dari manga, anime, dan animasi, seperti “Astro Boy”, “Kimba the White Lion”, “Black Jack”, “Dororo”, dan sebagainya.