Komplek studio rekaman Maida Vale dijual senilai Rp172 miliar

Setelah lebih dari 70 tahun melahirkan musisi-musisi legendaris mendunia, komplek studio rekaman Maida Vale Studios milik BBC yang berdiri sejak 1946, telah dijual ke pasar properti pada Kamis (1/12) lalu.

Melansir TimeOut (1/12), komplek studio yang pernah disambangi berbagai musisi mulai dari David Bowie, Jimi Hendrix, Beyoncé, hingga Radiohead, The Beatles dan Nirvana itu dijual dengan harga €10,5 juta (sekitar Rp172 miliar).

Akan tetapi, ini tak berarti komplek rekaman BBC tersebut akan berhenti beroperasi. Pasalnya, BBC telah mengumumkan pada 2018 bahwa perusahaannya akan memindahkan komplek rekaman itu ke Stratford, Inggris. pada 2025 mendatang. 

Menurut sumber yang sama, tak hanya menyediakan studio rekaman bagi musisi-musisi dunia, komplek terbaru yang akan pindah tiga tahun lagi itu juga akan menyajikan dua tempat konser untuk publik.

Mendengar kabar di awal Desember tersebut, produser Radiohead Nigel Godrich mengunggah cuitan di Twitter pada Selasa (6/12), “Jangan hancurkan studio yang indah itu!!! Hanya sedikit tempat bersejarah seperti itu yang tersisa.”

Pasalnya, komplek rekaman yang juga menjadi lokasi stasiun radio BBC itu telah menjadi saksi dari banyak aksi musisi legendaris. Seperti teatime radio show band brit-pop The Beatles pada 1963, hingga sesi “From The Basement” Thom Yorke pada 2012 silam.