Kompilasi berita seni April 2022

Museum BJ Habibie kota Parepare siap dibuka pertengahan tahun ini

Pembangunan museum BJ Habibie di kota Parepare sudah mencapai 80%. Museum ini rencananya siap difungsikan pada pertengahan 2022. Wakil Wali Kota Parepare Pangerang Rahim menginstruksikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parepare untuk mematangkan persiapan pembukaan museum BJ Habibie. Museum ini akan berisi koleksi pribadi Presiden Ri ke-3 itu, yang terdiri dari karya-karyanya, penghargaan, dan tanda jasa. 


53 situs bersejarah di Ukraina hancur akibat invasi Rusia

Menurut UNESCO, 53 situs bersejarah rusak akibat invasi Rusia ke Ukraina. Berdasarkan perhitungan terakhir pada 30 Maret, terdapat 29 situs religi, 16 bangunan bersejarah, 4 museum, dan 4 monumen yang dipastikan rusak. Salah satu situs tersebut adalah Drobitsky Yar Holocaust yang merupakan patung besar berbentuk menorah untuk mengenang setidaknya 16.000 orang Yahudi yang dibunuh massal di Kharkiv, Ukraina. Situs ini dilaporkan dirusak oleh pasukan Rusia pada 26 Maret. 


Lukisan langka karya Michelangelo akan dilelang di Paris

Sebuah lukisan karya Michelangelo yang ditemukan pada 2019 akan dilelang pada 18 Mei di rumah lelang Christie’s, Paris. Lukisan tersebut diperkirakan dapat terjual dengan harga $33 juta atau sekitar Rp482 miliar. Dianggap sebagai salah satu karya awal Michelangelo pada akhir abad ke-15, lukisan tersebut menggambarkan seorang pria yang menggigil dalam lukisan dinding “Baptism of the Neophytes” oleh Masaccio, serta dua orang lainnya yang berdiri di dekat pria tersebut.

Karya itu sebelumnya ditetapkan sebagai harta nasional Perancis, sehingga tidak boleh diekspor. Namun, pemerintah Perancis telah menghapus peraturan tersebut dan memungkinkan lukisan tersebut dijual kepada kolektor mana pun di dunia. Sebelum dilelang, lukisan tersebut akan dipamerkan terlebih dahulu di Hong Kong dan New York.


Naskah mini karya penulis “Jane Eyre” Charlotte Brontë dilelang seharga Rp14,9 miliar

Sebuah naskah mini yang ditulis oleh Charlotte Brontë telah dilelang di New York dengan harga $1,25 juta atau sekitar Rp14,9 miliar. Naskah berjudul “A Book of Rhymes by Charlotte Brontë, Sold by Nobody, and Printed by Herself” ini dibuat oleh Brontë saat dirinya masih berusia 13 tahun. Naskah karya novelis Inggris yang terkenal dengan novel “Jane Eyre” tersebut dibuat pada Desember 1829 dan terakhir kali terlihat publik pada 1916.

Dijahit bersama dalam sampul kertas coklat aslinya, naskah 15 halaman itu menceritakan kisah-kisah yang melibatkan “dunia imajiner” Brontë dan saudara-saudaranya. Naskah tersebut dibeli oleh badan amal sastra Inggris, Friends of the National Libraries (FNL), dan dikembalikan ke rumah Brontë di Yorkshire, Inggris.


Dua buku catatan Charles Darwin dikembalikan setelah 2 dekade menghilang

Dua buku catatan Charles Darwin yang telah hilang dari Universitas Cambridge selama 20 tahun telah dikembalikan. Pada 5 April, buku tersebut ditinggalkan di perpustakaan Cambridge dalam tas hadiah berwarna merah muda. Buku tersebut diberikan bersama dengan catatan yang mengucapkan selamat Paskah kepada pustakawan. Buku catatan itu mencakup sketsa “Tree of Life” pada 1837. Buku itu hilang pada 2001 setelah dipindahkan untuk didokumentasikan. Setelah bertahun-tahun dicari, pada 2020 buku tersebut dilaporkan dicuri ke kepolisian setempat.


Lukisan Monet yang dijual paksa pada 1933 akan dilelang 

Lukisan musim salju karya Claude Monet yang dijual paksa pada 1933 oleh pemilik aslinya, Richard Semmel, akan kembali dilelang. Lukisan berjudul “La Mare, effet de neige” (1874-75) itu akan dilelang di rumah lelang Christie’s pada Mei. Sebagai bagian dari penyelesaian hukum, hasil penjualan akan dibagi antara ahli waris Richard Semmel dan pemiliknya saat ini, sebuah keluarga Perancis. Lukisan ini memiliki estimasi harga $18 juta hingga $25 juta atau lebih dari Rp350 miliar.


Dua lukisan Picasso dilelang, salah satunya terjual seharga Rp 315 miliar

Dua lukisan potret karya Pablo Picasso dilelang di Hong Kong pada April dan Mei oleh rumah lelang Christie’s dan Sotheby’s. Dua lukisan tersebut adalah “Buste d’homme dans un cadre“ (1969) dan “Dora Maar (1939). Lukisan “Buste d’homme dans un cadre“ adalah milik mendiang Sean Connery, aktor James Bond yang meninggal pada 2020 lalu. Lukisan ini akan dilelang oleh Christie’s pada 26 Mei dengan estimasi harga mencapai $19 juta atau sekitar Rp277 miliar. Sementara,”Dora Maar telah dilelang oleh Sotheby’s pada 27 April dengan harga $21,6 juta atau sekitar Rp315 miliar.


Lukisan Jackson Pollock “Number 31” akan dilelang, diperkirakan menjadi karya termahal sang pelukis

Lukisan abstrak karya Jackson Pollock, “Number 31”, akan dilelang oleh Christie’s pada 12 Mei di New York. Paul Jackson Pollock merupakan pelukis Amerika dan tokoh utama dalam gerakan abstrak ekspresionis. Lukisan “Number 31” (1949) ini diperkirakan terjual dengan estimasi harga mencapai $45 juta atau Rp658 miliar. Rekor karya termahal Pollock sebelumnya dipegang oleh “Number 17” (1951) yang terjual dengan harga $61 juta atau sekitar Rp892 miliar, melebihi estimasi awal $35 juta. Sebelumnya, “Number 31” pernah dilelang pada Mei 1988 dengan harga $3,5 juta atau sekitar Rp51 miliar.


Pameran lukisan di Spanyol menggunakan aroma untuk memberi dimensi baru pada lukisan

Sebuah pameran lukisan di Spanyol bertajuk “The Essence of a Painting” menggunakan aroma untuk memberi dimensi baru pada lukisan yang dipamerkan. Pameran yang diadakan di Museo Nacional del Prado di Madrid, Spanyol, itu menggunakan sepuluh aroma yang dihembuskan dari empat diffuser yang terhubung ke monitor. Pameran ini memberikan pendekatan baru kepada pengunjung untuk menggunakan indra penciuman mereka.

Salah satu lukisan yang dipamerkan adalah karya Jan Brueghel Senior dan Peter Paul Rubens dari abad ke-17. Pada lukisan tersebut terdapat 80 hingga 90 objek yang menghasilkan bau dan kebanyakan adalah bunga. Penyelenggara pameran juga menyiapkan beberapa layar yang diciptakan dengan teknologi parfum udara oleh Puig, perusahaan mode dan wewangian asal Spanyol. Ketika pengunjung memasuki ruangan, mereka dapat menekan objek di layar untuk mengeluarkan aromanya.