COO Meta mengundurkan diri

Setelah berkarir lebih dari 10 tahun, Sheryl Sandberg pada 1 Juni 2022 mengundurkan diri dari jabatannya sebagai chief operating officer (COO) Meta. Pengumuman ini disampaikan melalui akun akun pribadinya serta akun pendiri sekaligus Chief Executive Officer Meta, Mark Zuckerberg.

Mark menuliskan, “Setelah 14 tahun teman baik sekaligus mitra saya, Sheryl Sandberg mundur dari posisinya sebagai COO Meta.” Perjalanan Sheryl dimulai sejak 2008, sejak Facebook baru dibangun. 

“Sheryl adalah arsitek bisnis iklan kami, mempekerjakan orang-orang hebat, menempa budaya manajemen kami, dan mengajarkan saya cara menjalankan sebuah perusahaan. Dia menciptakan peluang untuk jutaan orang di seluruh dunia, dan dia layak mendapatkan penghargaan atas begitu banyak dari apa yang disebut Meta saat ini,” tulis Mark.

Baik Sheryl maupun Mark tidak menjelaskan alasan pengunduran diri tersebut. Namun, yang pasti diketahui adalah Sheryl akan resmi meninggalkan perusahaan pada musim gugur nanti. 

Lebih lanjut, dalam unggahannya Mark juga menjelaskan sosok baru yang akan mengisi posisi tersebut, yaitu Javier Olivan yang sebelumnya berposisi sebagai chief growth officer. 

“Ini akan menjadi peran COO yang lebih tradisional di mana Javi akan berfokus secara internal dan operasional, membangun rekam jejaknya yang kuat untuk membuat eksekusi kami lebih efisien dan ketat,” jelas Mark.  

Javier akan fokus dalam memimpin iklan terintegrasi dan produk bisnis Meta, sembari memimpin infrastruktur, integritas, analitik, pemasaran, pengembangan perusahaan, dan tim pertumbuhan perusahaan.

Sementara, Sheryl akan bergabung sebagai dewan direksi perusahaan dan menjalankan usaha filantropinya. Dalam unggahannya, Sheryl juga menuliskan bahwa dirinya akan melangsungkan pernikahan pada musim panas tahun ini.