Susul Line Today, Line akan tutup layanan OpenChat di Indonesia

Sebelumnya, Line Indonesia resmi menutup layanan Line Today pada 6 Juli. Kini, Line akan menutup layanan OpenChat di Indonesia pada 20 Juli mendatang. Informasi tersebut disampaikan Line melalui situs resminya. 

β€œPer 20 Juli 2022, layanan OpenChat Indonesia akan kami hentikan. Pengguna yang selama ini menggunakan OpenChat untuk bertukar pesan dengan teman dan keluarga, tidak bisa lagi menggunakan layanan ini,” tulis Line.

Country Manager Line Indonesia Fanny Verona membenarkan hal tersebut.

"Keputusan tersebut merupakan keputusan strategis kami untuk kembali fokus pada bisnis teknologi keuangan di Indonesia. Ke depannya, kami akan tetap menyediakan layanan-layanan esensial lain serta tetap melakukan aktivitas M&A di Tanah Air," kata Fanny dilansir dari detikINET.

"Kami pun tetap berkomitmen untuk pasar Indonesia dan para pengguna LINE di Tanah Air akan tetap bisa menggunakan aplikasi LINE sama seperi sebelumnya," lanjutnya.

Line OpenChat diluncurkan pada 2017 dan sebelumnya dikenal dengan sebutan Line Square. OpenChat sediri adalah ruang komunikasi daring untuk mewadahi komunitas yang memiliki hobi dan minat yang sama.

Sebuah OpenChat dapat memfasilitasi hingga 200.000 anggota dengan kapasitas grup chat sebesar 5.000 anggota. Pada awal 2021 lalu, Line OpenChat berhasil menghimpun 850 ribu grup komunitas dengan 100 juta chat tiap bulannya.