Netflix gaet Microsoft untuk hadirkan paket layanan dengan harga murah

Netflix umumkan kerjasamanya dengan Microsoft untuk sajikan paket layanan tontonan dengan harga yang lebih terjangkau bulan ini. Microsoft akan berlaku sebagai mitra teknologi pemasaran global dan mitra penjualan Netflix. Rencana paket layanan baru ini tengah dikabarkan Netflix pada April lalu.

Layanan dengan harga yang lebih terjangkau ini akan ditunjang oleh iklan, hal tersebut menjadi pembeda antara dari layanan tanpa iklan lainnya yang sudah ada, yaitu paket Dasar, Standar, dan Premium. 

Penyiar serial hit "Stranger Things" ini belum mengungkap berapa 'harga terjangkau' barunya itu. Namun, melansir CNBC, sejumlah perusahaan seperti Google dan Comcast turut menjadi calon mitranya kala itu. 

Keputusan untuk menjadikan MIcrosoft dirasa tepat oleh Netflix karena perusahaan teknologi itu dianggap memiliki perlindungan privasi terbaik untuk pengguna. Selain itu, Microsoft juga diklaim dapat menjanjikan fleksibilitas inovasi teknologi dan pemasaran bagi layanan penyiaran tontonan tersebut. 

"Perjalanan kami masih panjang dan banyak yang harus dilakukan. Namun, tujuan jangka panjang kami jelas. Lebih banyak pilihan bagi konsumen dan pengalaman merek premium yang lebih baik daripada TV tradisional bagi pengiklan," ujar COO Netflix Greg Peters antusias dengan kerja sama kali ini.

Pimpinan Pengalaman Situs Microsoft menyampaikan melalui pernyataan resminya, bahwa seluruh iklan yang akan disajikan dalam Netflix akan hadir secara eksklusif dalam platform Microsoft. 

Melansir BBC, strategi penyajian paket lebih murah ini menjadi siasat menanggulangi penurunan pelanggan Netflix yang turut menjadi alasan banyak karyawan di-PHK perusahaan pada awal tahun. Pasalnya, ada penurunan sebanyak 200.000 pelanggan dalam rentang Januari hingga Maret tahun ini. 

Kabar baiknya, melansir CNBC, pengumuman kemitraan ini menjadi berkah rupanya bagi divisi periklanan Microsoft, menilai dari kontribusinya sebanyak 6% bagi pendapatan perusahaan.