Kemenparekraf kerja sama dengan PT Magnus Digital ciptakan WonderVerse Indonesia

Teknologi metaverse semakin populer di seluruh dunia. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia pun turut memanfaatkan teknologi tersebut dengan membuat platform yang dinamakan WonderVerse Indonesia.

Platform tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan PT Magnus Digital Indonesia, biro iklan dan pemasaran berbasis teknologi, sebagai upaya untuk mendorong industri pariwisata melalui metaverse. 

Tujuan dari pembuatan WonderVerse Indonesia ialah untuk mempromosikan pariwisata tanah air hingga tingkat internasional. Selain itu, kolaborasi ini diharapkan bisa mendorong industri ekonomi kreatif, khususnya pelaku pariwisata, untuk mempromosikan produknya secara digital di platform ini.

“Seiring berkembangnya dunia digital dan teknologi Indonesia, kami berharap dengan WonderVerse Indonesia yang dikembangkan oleh Magnus Digital Indonesia dapat menjadi wadah bagi Kemenparekraf untuk memperkenalkan keindahan budaya Indonesia di mata dunia dan menjadi sarana informasi bagi dunia tentang pariwisata Indonesia,” kata Hendra Liman, CEO Magnus Digital Indonesia.

Melansir CNBC Indonesia, Hendra pun mengatakan tujuan lainnya, “Last but not least, memberikan manfaat yang besar untuk Indonesia dari sisi digital, travel, maupun ekonomi kreatif.”

Selain itu, WonderVerse Indonesia akan terbagi menjadi empat bagian yang disebut dengan nama “land” sebagai representasi Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Land tersebut antara lain:

1. Lobby: Pengunjung bisa berinteraksi dengan hewan endemik, melihat galeri lukisan dari seniman Indonesia, dan mengetahui informasi yang akan datang melalui layar lebar.

2. WonderFUN Land: Pengunjung dapat menikmati berbagai permainan khas Indonesia dan juga hiburan, seperti pertunjukan wayang dan tari-tarian.

3. WonderGood Land: Pengunjung bisa membeli barang-barang khas Indonesia yang dipasarkan oleh para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

4. WonderREAL Land: Jika pengunjung ingin berlibur ke Indonesia, mereka bisa secara langsung membeli tiket penerbangan, hotel, dan akomodasi di sini.

Dengan hadirnya WonderVerse Indonesia, diharapkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif yang jadi salah satu pilar penting perekonomian tanah air dapat bangkit kembali setelah terdampak oleh pandemi COVID-19. Toh, kolaborasi ini pun membuka peluang dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru. 

Di samping itu, Hendra juga mengatakan bahwa platform ini akan memberikan kemudahan untuk diakses di mana dan kapan saja melalui perangkat desktop. Hal tersebut memberikan peluang agar pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dapat menjangkau generasi muda.