“Avatar 2” menjadi film terlaris di tahun 2022, mengalahkan sekuel “Top Gun”,

Film “Avatar: The Way of Water” garapan James Cameron berhasil menjadi film terlaris di tahun 2022 dan mengalahkan film “Top Gun: Maverick” yang dibintangi oleh Tom Cruise.

Sementara “Top Gun: Maverick” meraup pendapatan kotor sebesar $1,49 miliar atau sekitar Rp23,3 triliun di layar lebar global, “Avatar: The Way of Water” memperoleh total pendapatan senilai $1,51 miliar atau Rp23,6 triliun.

Secara rinci, sekuel film yang dirilis setelah 13 tahun penantian itu berhasil menorehkan pendapatan senilai $454 juta (Rp7,1 triliun) secara domestik, kemudian melampaui $1 miliar secara internasional pada Rabu (4/1).

Dengan begitu, melansir Collider, “Avatar 2” menjadi film dengan pendapatan kotor tertinggi di tahun 2022. Secara keseluruhan, film tersebut diprediksi akan meraup sekitar $1,6-1,9 miliar (Rp25-29,7 triliun) penghasilan kotor secara global.

Meskipun ini merupakan pencapaian yang luar biasa, namun Cameron menyatakan bahwa proyek mahal besutannya harus menempati posisi ketiga atau keempat film berpenghasilan kotor tertinggi dalam sejarah agar bisa menguntungkan.

Di sisi lain, pendapatan yang diraih oleh “Avatar 2” masih jauh dari film pertamanya yang berhasil mencetak sejarah lantaran berhasil meraup $2,9 atau Rp45,3 triliun (kurs saat ini) dari penayangan di bioskop, meskipun secara teknologi “Avatar 2” sudah jauh lebih canggih.

Adapun Cameron sebagai sutradara dikabarkan telah memproduksi film-film berikutnya dari “Avatar”. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, maka penggemar bisa melihat keberlanjutan kisah Neyitiri hingga film kelima.

Selain “Top Gun: Maverick” dan “Avatar 2”, dikutip dari People, “Jurassic World Dominion” merupakan film lainnya yang mendapatkan lebih dari $1 miliar (Rp15,6 triliun) secara global.