H&M berkolaborasi dengan Roblox, luncurkan pengalaman imersif “Loooptopia”

Jenama fast-fashion H&M berkolaborasi dengan platform gim daring Roblox, hadirkan pengalaman imersif bagi pecinta fesyen melalui proyek “Loooptopia”.

Platform yang menghadirkan pengalaman mengeksplorasi identitas fesyen di dunia virtual tersebut, baru saja diluncurkan H&M pada pekan pertama 2023 (4/1). 

Dalam H&M Looptopia pengguna dapat mengeksplor dunia virtual Loooptopia City, Rainbooow Fields, Neon Studiooo, dan Fabric Fooorest serta, “mengoleksi beragam elemen untuk membuat ribuan pakaian unik yang dapat dikenakan (avatar) dalam gim.”

Tak hanya sesi styling, beragam aktivitas seperti mini-gim, menghadiri acara, atau sekadar berinteraksi dengan avatar lainnya juga dapat dilakukan dalam H&M Looptopia.

“Jumlah waktu yang dihabiskan konsumen pakaian hingga aksesoris H&M di ruang virtual dan dunia digital, kian hari kian meningkat,” buka Linda Li, Kepala Aktivasi dan Marketing Konsumen H&M Amerika, dalam keterangan resminya (4/1).

Alhasil, kesadaran itu membuat mereka bermitra dengan Roblox dan studio metaverse Dubit, serta mendorong H&M untuk berkomitmen, “mengeksplor cakupan virtual dan augmented reality (AR).”

Namun, tak hanya berfokus pada ide soal fesyen, petinggi H&M Amerika itu turut mengujar bahwa proyek terbarunya memiliki kepedulian terhadap gagasan tentang, “akses pencarian, kostumisasi, dan keberlanjutan,” dikutip dari Forbes (4/1).

Maka, lewat H&M Looptopia mereka berambisi untuk  menyajikan, “pengalaman aksi sirkular yang menyenangkan.”

Pasalnya, menurut Forbes (4/1) sebagai jenama fast fashion, dalam beberapa tahun terakhir H&M telah berupaya keras dalam mengedepankan mode fesyen sirkular akibat kebanjiran kritik atas proses produksinya yang tidak ramah lingkungan.