Ada “Alita: Battle Angel” , ini 7 adaptasi anime live-action terbaik

Beberapa waktu belakangan, penggemar anime diramaikan dengan berita terbaru dari adaptasi anime live-actionOne Piece yang akan dirilis Netflix pada 31 Agustus mendatang.

Serial yang diadaptasi dari anime dengan judul yang sama itu akan terdiri dari delapan episode, dibintangi oleh sejumlah aktor ternama, di antaranya Iñaki Godoy sebagai Monkey D. Luffy, Mackenyu sebagai Roronoa Zoro, dan Emily Rudd sebagai Nami.

Namun, selain “One Piece”, sebelumnya sudah ada banyak anime yang diadaptasi menjadi serial ataupun film live-action.

Melansir CBR, berikut ini tujuh adaptasi anime live-action terbaik yang tidak boleh kamu lewatkan!


Adaptasi anime live-action terbaik

1. “Rurouni Kenshin” (2012-2021)

Salah satu kisah samurai paling ikonik dan berpengaruh di dunia anime, “Rurouni Kenshin” menjadi adaptasi anime live-action terbaik yang pernah ada.

Para penggemar berhasil mendapatkan waralaba (franchise) serial film “Rurouni Kenshin” yang tak mengecewakan.

Pasalnya, live-action yang terbagi menjadi lima film mulai 2012 sampai 2021 ini mengisahkan cerita Himura Kenshin dengan berbagai detail yang selalu diperhatikan.

Ketika menonton, film adaptasi anime live-action ini tak hanya memberikan perasaan nostalgia, tetapi juga unik. 

Adapun film ini digarap oleh sutradara Jepang Keishi Ohtomo yang dapat memperkenalkan “Rurouni Kenshin” untuk penggemar di generasi mendatang.

Baca juga: “One Piece on Ice” segera hadir, Luffy diperankan atlet seluncur indah peringkat pertama dunia

2. “Alice in Borderland” (2020)

Jika kebanyakan adaptasi anime live-action memiliki reputasi kurang baik dan kerap dibandingkan dengan versi orisinalnya, berbeda dengan serial yang satu ini.

Serial televisi “Alice in Borderland” justru dikenal sebagai salah satu waralaba terbaik yang mendunia.

Adaptasi garapan Netflix ini sukses menghidupkan manga survival ikonik karya Haro Aso. “Alice in Borderland” merupakan gim sci-fi thriller kematian imersif yang dapat dinikmati oleh siapapun. 

Maka dari itu, tak heran apabila serial ini menjadi fenomenal dan popularitasnya terus melonjak pada komunitas anime.

3. “Alita: Battle Angel” (2019)

“Alita: Battle Angel” merupakan film garapan Hollywood yang masuk ke dalam daftar adaptasi anime live-action terbaik.

Dirilis pada 2019 lalu, film action cyberpunk dari manga klasik 90-an karya Yukito Kishiro sukses mencuri perhatian para penggemar.

Bahkan masih menurut CBR, banyak penggemar yang awalnya skeptis dengan adaptasi ini, tetapi pada akhirnya mengakui live-action ini sebagai salah satu yang terbaik.

Ini dikarenakan anggaran Hollywood yang membantu memaksimalkan tampilan visual live-action-nya agar terlihat seperti versi manganya, dilengkapi dengan berbagai efek spesialnya.

4. “Grand Blue” (2020)

Film live-action “Grand Blue” rilisan tahun 2020 menampilkan semua yang penggemar sukai dalam manga dan orisinalnya ke tayangan layar lebar.

Adaptasi live-action ini menyajikan cerita bergenre komedi slice-of-life yang relatable bagi para penonton, khususnya penonton yang masih menempuh pendidikan kuliah.

Oleh sebab itu, tak heran mengapa adaptasi live-action filmnya dapat dibuat dengan lebih seamless. Bahkan tak sedikit penggemar yang mengatakan bahwa beberapa bagian lebih lucu daripada filmnya.

Meski demikian, baik manga maupun filmnya sama-sama menampilkan semangat anak muda, walaupun versi live-action tidak berupaya untuk benar-benar meniru adegan orisinalnya secara rinci.

Baca juga: Setelah bertahun-tahun, film live-action “Akira” Taika Waititi ada update!

5. “Blade of the Immortal” (2017)

Bagi kamu yang penggemar anime, mungkin menyadari bahwa genre period action Jepang menjadi genre yang paling susah untuk diadaptasi live-action.

Versi live-action “Blade of the Immortal” rilisan tahun 2017 menjadi pengecualian karena eksekusinya yang benar-benar mirip seperti animenya.

“Blade of the Immortal” menampilkan banyak adegan kekerasan dan gore imersif yang berlatar pada periode Edo. Film ini makin maksimal dengan pilihan cast dan desain set yang tepat.

Adaptasi anime live-action yang menduduki posisi kelima ini menjadi salah satu yang paling stand-out dari film atau serial serupa lainnya.

6. “JoJo’s Bizarre Adventure: Diamond Is Unbreakable Chapter 1” (2017)

Konsep film live-action “JoJo Bizarre Adventure” merupakan adaptasi waralaba anime ikonik lainnya yang mungkin familier di kalangan penggemar.

Bagi yang belum menyaksikan “JoJo’s Bizarre Adventure: Diamond Is Unbreakable Chapter 1” mungkin akan dibuat terkejut dengan betapa akuratnya film ini menampilkan cerita orisinalnya.

Cast dan kru di balik film ini benar-benar bekerja secara maksimal untuk membawa cerita dalam anime ini ke layar lebar.

Selain plot dan cast, pilihan kostum, gaya rambut, dan riasan wajah para karakternya patut diacungi jempol.

7. “Let Me Eat Your Pancreas” (2017)

“I Want to Eat Your Pancreas” merupakan anime lain yang mendapatkan adaptasi live-action terbaik. Cerita yang pada awalnya serial novel web karya Yoru Sumino ini juga mendapat adaptasi manga pada 2016 silam.

Setahun kemudian, film live-action berjudul “Let Me Eat Your Pancreas” diluncurkan untuk mengenalkan kepada audiens cerita menyayat hati tentang seseorang yang harus menghadapi penyakit.

Walaupun sudah banyak penggemar anime yang familier dengan versi animenya, namun versi live-action ini menampilkan cerita yang lebih mendalam lagi.

Itu dia beberapa daftar adaptasi live-action anime terbaik yang harus ditonton penggemar serial animasi Jepang. 

Baca juga: Film live-action “Your Name” tunjuk sutradara baru, setelah ditinggalkan Lee Isaac Chung