7 film bayar Rp106,5 M demi tampilkan 30 detik trailer di Super Bowl LVII 2023

Sering dengar liga American football Super Bowl? Selain dikenal sebagai pertandingan olahraga khas Amerika Serikat (AS) yang dinanti, Super Bowl jadi ajang bagi jenama bahkan film untuk berpromosi. 

Super Bowl LVII (57) tahun ini pun begitu. Pasalnya, baru saja dibuka pada Minggu (12/2) kemarin, sudah tampak sejumlah film Hollywood yang mempromosikan besutannya di sela-sela pertandingan.

Demi menampilkan karyanya, berbagai studio film itu rela merogoh kocek dan membayar jutaan dolar untuk diselipkan dalam segmen pertandingan garapan NFL (National Football League) AS tersebut. 

Menurut laporan Vulture, Super Bowl 57 membanderol penayangan iklan di sela-sela pertandingan, seharga $7 juta (sekitar Rp106,5 miliar) untuk promosi berdurasi 30 detik. 

Tidak hanya itu, ternyata angka yang cukup mahal itu pun menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun.

Pasalnya, Super Bowl 2022 mematok harga bagi studio untuk menayangkan trailer film dengan durasi yang sama, seharga US6,5 juta (sekitar Rp99 miliar). Sedangkan setahun sebelumnya, penayangan 30 detik trailer di Super Bowl 55 diberi harga sebesar US$5,5 juta (sekitar Rp83,7 miliar). 

Melansir SCREENRANT (12/1), angka yang sangat tinggi itu dipatok lantaran saluran televisi NBC butuh balik modal dari begitu banyak uang yang diinvestasikan pagi penyiaran NFL Super Bowl.

Namun, di sisi lain, Super Bowl adalah siaran televisi yang tayang perdana pada 1960 silam, semakin populer tiap tahunnya dan menjadi salah satu siaran langsung dengan jumlah penonton terbanyak. 

Pasalnya, pertandingan tersebut tidak hanya menjadi tontonan bagi pecinta olahraga, tetapi menjadi tren yang ditunggu-tunggu mereka yang bahkan tak mengikuti perkembangan football.

Pasalnya, Super Bowl berkembang menjadi ajang tampil bagi berbagai pelaku industri budaya pop. Seperti penampilan musisi kelas atas di tiap halftime yang juga dilengkapi berbagai iklan. 

Alhasil, waktu tersebut diperebutkan berbagai perusahaan terutama film blockbuster Hollywood untuk menyisipkan promosinya agar dapat menjangkau massa yang luas.

Baca juga: Lucky Kuswandi ceritakan proses kreatif di balik film orisinal Netflix “Dear David”

7 film Hollywood yang tayang di Super Bowl LVII 2023

1. “The Flash”

Foto: Tangkapan layar potongan trailer “The Flash” | YouTube/Warner Bros. Pictures

Setelah menuai kontroversi karena dibintangi oleh aktor Ezra Miller, trailer resmi film terbaru “The Flash” yang mengadopsi superhero jagat DC telah resmi dikeluarkan Warner Bros. Pictures. 

Melansir The Guardian (13/1), pertanyaan soal film itu bersumber dari masalah hukum yang menimpa Miller. Pasalnya, pada Maret 2022 lalu, Miller ditangkap dua kali sebulan di Hawaii karena pelecehan seksual yang dilakukannya. Serta kasus kekerasan terhadap perempuan lainnya, yang terjadi di Berlin.

Di luar itu, film superhero “The Flash” merupakan kelanjutan dari kemunculan cameo karakter Flash di “Batman v Superman: Dawn of Justice” (2016), yang diperankan oleh Miller. 

Selain aktor tersebut, pemeran “The Flash” lainnya melingkupi Kiersey Clemons sebagai Iris West, Saoirse-Monica Jackson, hingga Antje Traue, dan Maribel Verdú.

Warner Bros. Pictures menggaet sutradara “It” (2017) untuk mengarahkan “The Flash” yang tayang di bioskop mulai 16 Juni tahun ini.

2. “Scream VI”

Foto: Tangkapan layar potongan trailer “Scream VI” | YouTube/Paramount Pictures

Film garapan Paramount Pictures sekaligus keenam waralaba “Scream” bergenre horor-thriller yang turut mempopulerkan ‘ghostface’ pembunuh ini ikut mempromosikan trailer-nya di Super Bowl 2023. 

“Scream VI” dibintangi oleh Courteney Cox, bersama bintang “Wednesday” (2022) Jenna Ortega, Melissa Barrera, Jasmin Savoy, serta Mason Gooding yang juga muncul di “Scream V” (2022).

Film yang tayang mulai 10 Maret ini diarahkan pasangan sutradara Matt Bettinelli-Olpin dan Typer Gillett yang juga mengarahkan film kelima “Scream”

3. “Transformers: Rise of the Beasts”

Foto: Tangkapan layar potongan trailer “Transformers: Rise of the Beasts” | YouTube/Paramount Pictures

Seri ketujuh dari waralaba “Transformers” akan ditayangkan Paramount PIctures mulai 9 Juni tahun ini.

Bertajuk “Transformers: Rise of the Beasts”, film panjang ini mengenalkan karakter bertema hewan terbaru bernama Maximals, Predacons, dan Terrorcons. 

Dibintangi oleh aktor Anthony Ramos dan Dominique Fishback, Paramount menggaet sutradara Steven Caple Jr. untuk “Transformers: Rise of the Beasts” yang turut tayang di sela-sela Super Bowl 2023.

Melansir Variety (1/12/22), “Transformers: Rise of the Beasts” merupakan kelanjutan dari prekuel waralaba “Transformers”, yakni “Bumblebee” (2018) yang dibintangi Hailee Steinfeld dan John Cena. 

Baca juga: “Bernafas dalam lumpur”: di balik tirai film soft porn Indonesia era 70-80-an

4. “Guardian of The Galaxy Vol.3”

Foto: Tangkapan layar potongan trailer “Guardian of the Galaxy Vol.3” | YouTube/Marvel Entertainment

Perdana dirilis pada Desember 2022, trailer dari “Guardian of the Galaxy Vol.3” turut tayang di sela pembukaan Super Bowl LVII, Minggu (12/2) kemarin.

Dalam trailernya, ditampilkan karakter Star-Lord yang dibintangi Chris Pratt, kembali bersatu dengan mantannya, Gamora. Sebelumnya, Gamora dibunuh ayahnya sendiri, Thanos, dalam “Avengers: Infinity War”

Akan tetapi, karakter Gamora dari jagat lainnya tersebut tidak memiliki ingatan soal Star-Lord.

Film “Guardian of the Galaxy Vol.3” ini, digarap oleh DC Studios dari Warner Bros. Discovery yang menggaet sutradara James Gunn untuk mengarahkan film ini. 

Pada sebuah kesempatan di San Diego Comic-Con 2022 pun, Gunn telah mengonfirmasi bahwa volume ketiga film ini akan menjadi edisi terakhirnya dan menyebut bahwa bukan berarti semua akan mati.

5. “Indiana Jones and the Dial of Destiny”

Foto: Tangkapan layar potongan trailer “Indiana Jones and the Dial of Destiny” | YouTube/Lucasfilm

Edisi kelima dari waralaba “Indiana Jones”, bertajuk “Indiana Jones and the Dial of Destiny” besutan sutradara James Mangold, mengambil latar peperangan Amerika Serikat dan Soviet pada 1969 silam.

Melansir Variety (12/2), seri terbaru ini menampilkan kilas balik masa muda karakter yang diperankan Harrison Ford, serta menyoroti hubungan Jones dengan cucu perempuannya, Helena yang diperankan bintang serial “Fleabag” Phoebe Waller-Bridge.

Di sisi lain, film Disney ini akan diisi penampilan perdana Mads Mikkelsen dan Boyd Holbrook di waralaba “Indiana Jones”, yang memerankan karakter penjahat Jürgen Voller dan Klaber. 

Selain keduanya, Antonio Banderas, Shaunette Renée Wilson and Toby Jones turut menjadi pendatang baru waralaba ini.

Baca juga: Amazon Studios bikin serial TV “Tomb Raider” dengan kreator “Fleabag”

6. “Dungeons and Dragons: Honor Among Thieves”

Foto: Tangkapan layar potongan trailer “Dungeons & Dragons: Honor Among Thieves” | YouTube/Paramount Pictures

Tayang di bioskop mulai 31 Maret mendatang, film live-action “Dungeons & Dragons: Honor Among Thieves” diluncurkan Paramount Pictures dan eOne yang menggaet sutradara Jonathan Goldstein dan John Francis Daley bersama penulis naskah Michael Gilio.

Melansir Variety (10/1), kabar itu juga diberikan Paramount berdekatan dengan rencana penggarapan serial delapan episode dari “Dungeons & Dragons” yang sama-sama mengadopsi keseruan kisah gim role-play dengan judul yang sama. 

Bagi serial televisinya, Paramount+ akan jadi layanan streaming yang mendistribusikan “Dungeons & Dragons”.

7. “Fast X” (“Fast and Furious 10)

Foto: Tangkapan layar potongan trailer “Fast X” | YouTube/Universal Pictures

Memasuki film kesepuluh dari waralaba “Fast and Furious”, Universal Pictures turut menayangkan trailer film bertajuk “Fast X” tersebut, dalam pembukaan Super Bowl tahun ini. 

Setelah trailer-nya pertama ditayangkan di YouTube Universal Pictures pada 11 Februari kemarin, “Fast X” mengundang antusiasme publik. 

Film itu pun menghadirkan sejumlah pemain yang muncul perdana di seri film “Fast and Furious”, termasuk Jason Momoa dan Brie Larson. 

Di luar kedua karakter itu, Vin Diesel, Michelle, Rodriguez, serta sejumlah bintang “Fast and Furious” masih akan berperan dalam “Fast X”

Film terbaru yang diarahkan oleh sutradara Louis Leterrier yang menggantikan Justin Lin ini akan tayang di bioskop mulai 19 Mei 2023.