Karya musikal perjalanan hidup Frida Kahlo sedang dipersiapkan Broadway

Nama Frida Kahlo, pelukis asal Meksiko terus hidup hingga kini. Bahkan, Broadway baru-baru ini mengumumkan akan menyulap perjalanan hidup Kahlo menjadi sebuah karya musikal.

Bahkan, keluarga Kahlo pun telah mengizinkan pembuatan karya “Frida, The Musical”. Pewaris universal warisan Frida Kahlo, Mara Romeo Kahlo pun tersentuh dengan rencana tersebut.

“Pertunjukan ini memungkinkan penonton di seluruh dunia untuk mengenal Frida lebih dari sekadar seniman. Penuh kegembiraan, visioner, dan mendalami budaya Meksiko, dia ialah perempuan yang didorong hasrat hidup tak berkesudahan. Saya harap ini menginspirasi perempuan di mana pun untuk punya keberanian memperjuangkan impian mereka,” ujar Mara.

Melansir Washington Post, meski sudah ada film tentang Kahlo, karya ini dibuat karena produser Valentina Berger yakin masih banyak hal yang dapat diajarkan Kahlo kepada kita. 

“Frida masih memiliki banyak hal untuk diajarkan, dan saya senang mendapat kesempatan untuk menghormati hidup dan karyanya melalui media yang paling ekspresif ini,” ujar Berger.

Berger pun bilang, “Semangatnya sangat hidup di tim kreatif muda kami, yang terus-menerus membuat saya terpesona dengan ayunan kreatif dan bakat mereka yang luar biasa.”

Tidak hanya itu, melansir Deadline, Berger juga mengumumkan workshop perdana karya ini akan dilaksanakan pada 2023 mendatang dengan menampilkan komposer Meksiko Jaime Lozano dan lirik oleh penulis naskah pemenang Obie Award, Neena Beber.

Kabarnya, karya dalam bentuk musikal ini akan menampilkan sisi yang belum pernah digali sebelumnya dari seorang Frida Kahlo dan menceritakan perjalanannya yang berpetualang dari Meksiko ke Paris, lalu ke Amerika dan kembali ke rumahnya di The Blue House.

Di samping itu, karya ini juga akan menampilkan hiruk pikuk kisah asmara Kahlo dengan Diego Rivera dan bagaimana perempuan ini, berjuang melawan rasa sakit, baik itu secara fisik maupun emosional hingga mengubahnya menjadi seseorang yang menakjubkan.