Otoritas anti monopoli Brasil menyetujui akuisisi Aesop ke L'Oréal senilai $2.5 miliar

Setelah kabar akuisisi beredar April lalu, otoritas anti monopoli Brasil telah menyetujui transaksi pembelian Aesop senilai $2,5 miliar atau sekitar Rp37,2 triliun, oleh L’Oréal.

Menurut laporan REUTERS (18/5) yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia oleh TFR, penyetujuan penjualan perusahaan Aesop dari induk Natura & Co tersebut, berlangsung pada Rabu (18/5) kemarin.

Kabar persetujuan akuisisi Aesop tersebut pertama dikabarkan melalui koran harian lokal Brasil.

Lantas, jika dalam 15 hari setelah keputusan dikeluarkan dan tidak ada pihak yang naik banding, maka izin dari otoritas anti monopoli Brasil itu dianggap resmi.

Di luar itu, Aesop sendiri adalah merek kecantikan asal Australia yang berdiri sejak 1987 dan telah diakuisisi Natura & Co mulai 2016 silam.

Sedangkan, Natura & Co merupakan perusahaan kecantikan dan kosmetik terbesar Brasil, beroperasi di lebih dari 100 negara di dunia.

Baca juga: REVLON segera keluar dari kebangkrutan dan dapatkan pengurangan utang sebesar $2,7 miliar

Pembelian Aesop jadi akuisisi terbesar L’Oreal sepanjang masa

Melansir sumber lainnya, CNN BUSINESS (4/4), rencana akuisisi Aesop ini perdana diumumkan oleh Natura & Co pada Senin (3/4) lalu.

Rupanya, ini akan menjadi akuisisi terbesar dari perusahaan raksasa L’Oréal asal Prancis tersebut.

Betapa tidak, akuisisi Aesop ini akan bernilai $2,5 miliar, mengalahkan pembelian L’Oreal terhadap YSL Beauté pada 2008 silam yang menurut Dealogic mencapai $1,7 miliar.

Kabarnya, proses akuisisi Aesop ini akan rampung di kuartal ketiga tahun ini. Setelah itu, Aesop akan berada di bawah naungan L’Oréal yang juga membawahi Garnier dan Maybelline.

Sedangkan bagi Natura & Co, disinyalir perusahaan akan berfokus mengembangkan The Body Shop serta Avon.

Akuisisi akan membantu mengurangi utang dan memperluas pasar

Pada keterangan resminya, CEO Natura & Co Fabio Barbosa mengaku akuisisi Aesop ini akan membantu menyelesaikan utang-utang dan mengembangkan perusahaan.

“Dengan penguatan struktur finansial dan pengurangan utang, Natura & Co, yang menjalankan disiplin keuangan yang ketat, dapat mempertajam fokusnya untuk prioritas yang strategis, terutama rencana investasi kami di Amerika Latin,” jelas Barbosa.

Di sisi lain, akuisisi Aesop oleh L’Oréal ini juga diharapkan dapat mengembangkan Aesop yang kian populer dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: M.I.A memasukkan Tari Ratoh Jaroe dari Aceh dalam video album terbarunya

Pasalnya, menurut Natura, sejak dirinya memegang saham terbesar Aesop pada 2012 silam, penjualan Aesop terus meningkat mencapai 20 kali, dari $28 juta pada 2012 menjadi $537 juta di 2022.

Selain itu, akuisisi diharapkan dapat memperluas pasar Aesop ke Tiongkok, salah satu lokasi gerai fisik terbarunya yang dibuka tahun lalu.

“Aesop selalu relevan dengan tren hari ini. L’Oréal akan berkontribusi untuk mengeluarkan potensi pertumbuhannya yang sangat besar, terutama di Tiongkok dan ritel perjalanan,” ujar CEO L’Oréal Nicolas Hieronimus.