L’Oréal resmi akuisisi Aesop seharga Rp37,3 triliun

Perusahaan kecantikan raksasa L’Oréal telah resmi menandatangani kesepakatan untuk mengakuisisi merek kecantikan mewah asal Australia, Aesop.

Berdasarkan laporan WWD, dikutip dari Hypebeast, Aesop dibeli seharga $2,5 miliar atau sekitar Rp37,3 triliun. Pasalnya, ini merupakan akuisisi terbesar yang dilakukan perusahaan asal Prancis itu.

Dalam sebuah pernyataan, perusahaan induk Aesop Natura & Co. mengatakan akuisisi ini akan dibayar secara kas pada kuartal ketiga (Q3) 2023, apabila telah mendapatkan persetujuan dari regulator.

“Aesop adalah lambang kecantikan avant-garde, yang produknya tak hanya dibuat dengan sangat berhati-hati dan perhatian yang luar biasa terhadap detail. Merek ini adalah kombinasi luar biasa dari urbanitas, hedonisme, dan kemewahan,” ujar CEO L’Oréal Nicolas Hieronimus.

Baca juga: L’Oréal hadapi hampir 60 gugatan atas tuduhan terkait produk hair relaxer

Aesop bergabung dengan merek kecantikan mewah lainnya

Aesop menjadi merek kecantikan terbaru yang bergabung dengan divisi L’Oréal Luxe, bersama dengan deretan merek mewah lainnya yang telah lebih dulu bergabung.

Sebut saja mulai dari jenama Lancôme, Yves Saint Laurent, Helena Rubinstein, Kiehl’s, hingga Mugler.

Presiden L’Oréal Luxe Cyril Chapuy mengatakan dalam keterangan terpisah bahwa pihaknya berharap akuisisi ini dapat meningkatkan pertumbuhan divisi merek mewah di L’Oréal di masa depan.

“Kami sangat percaya diri bahwa Aesop akan bergabung dengan klub merek L’Oréal Luxe Billionaire, dan dapat berkontribusi secara signifikan pada pertumbuhan divisi di tahun-tahun mendatang,” ungkapnya.

Lebih jauh tentang Aesop

Aesop sendiri ialah merek asal Melbourne, Australia yang fokus pada produk perawatan kulit dan rambut.

Merek ini terkenal karena menggunakan bahan utama alami dari tumbuh-tumbuhan, dengan formula vegan dan berkelanjutan. 

Botol produknya yang ikonik dan minimalis menjadikan Aesop memiliki kekuatan di dunia kecantikan.

Saat ini, Aesop beroperasi di seluruh dunia, termasuk Amerika, Eropa, Australia, Selandia Baru, dan Asia. Pada 2022 lalu, merek ini baru saja membuka gerai pertamanya di Tiongkok.

Sebagai informasi, jauh sebelum rencana akuisisi oleh L’Oréal, Aesop dan Natura pertama kali mencapai kesepakatan pada 2012.

Saat itu, Natura mengakuisisi sebanyak 65 persen saham Aesop senilai $48 juta atau sekitar Rp716,3 miliar secara kas.

Sejak akuisisi tersebut, bisnis Aesop terus mengalami pertumbuhan. Bahkan pada 2022, merek kecantikan ini melaporkan penjualan mencapai $537 juta atau sekitar Rp8 triliun.