Drama panggung “My Neighbor Totoro” memenangkan enam Olivier Awards

Adaptasi drama  musikal dari filmMy Neighbor Totoro (1988) karya Hayao Miyazaki dan Studio Ghibli oleh Royal Shakespeare Company (RSC) berhasil memenangkan sejumlah penghargaan bergengsi.

Baru-baru ini, drama panggung yang digelar di Barbican Centre, London, Inggris itu memperoleh enam penghargaan di ajang Olivier Awards pada Minggu (2/4) lalu.

Dalam gelaran tersebut, “My Neighbor Totoro” berhasil masuk dalam sejumlah nominasi dan meraih kemenangan terbanyak, dengan sembilan nominasi dan enam penghargaan. 

Melansir Anime News Network (3/4), deretan penghargaan yang sukses bawa pulang drama musikal “My Neighbor Totoro” antara lain Noël Coward Award untuk Best Entertainment or Comedy Play.

Lalu, Sir Peter Hall Award untuk Best Director diraih Phelim McDermott, Best Costume Design atas karya Kimie Nakano, dan d&b audiotechnik Award untuk Best Sound Design diperoleh Tony Gayle.

Selain itu, Tom Pye pun meraih Blue-I Theatre Technology Award untuk Best Set Design, sedangkan White Light Award untuk Best Lighting Design diperoleh Jessica Hung Han-yun.

Selain itu, “My Neighbor Totoro” juga mendapatkan nominasi di Gillian Lynne Award untuk Best Theatre Choreographer - Basil Twist dan Mei Mac yang masuk nominasi Best Actress.

Dari sosok di belakang layar, Joe Hisaishi (musik) dan Will Stuart (orkestra, aransemen) juga masuk nominasi Best Original Score or New Orchestrations.

Sebelum mendapatkan sembilan nominasi dan enam kemenangan di atas, pertunjukan ini telah lebih dulu memenangkan lima penghargaan di ajang WhatsOnStage Awards pada Februari lalu.

Baca juga: Gandeng pengrajin Jepang, Studio Ghibli rilis kerajinan tangan “My Neighbor Totoro”

Tentang drama panggung “My Neighbor Totoro”

Drama panggung “My Neighbor Totoro” digelar selama 15 minggu di London, Inggris pada 8 Oktober 2022 sampai 21 Januari 2023 lalu.

Acara ini dipersembahkan oleh RSC dan komposer setia Hayao Miyazaki, Joe Hisaishi, yang menciptakan musik untuk film orisinalnya dan menjadi produser eksekutif pada drama panggung ini.

Tom Morton-Smith mengadaptasi ceritanya, sedangkan Phelim McDermott menyutradarai produksi ini.

Drama musikal ini merupakan kolaborasi perusahaan teater Inggris Improbable dan Nippon TV Jepang.

Nantinya, pertunjukan ini akan kembali digelar di Barbican Center mulai 21 November mendatang dan akan berlangsung hingga 23 Maret 2024.

Dalam situsnya, RSC menggambarkan drama musikal ini sebagai, “Cerita coming-of-age ini mengeksplorasi dunia fantasi penuh keajaiban anak-anak dan kekuatan imajinasi, tentang musim panas luar biasa di kehidupan kakak-beradik Satsuki dan Mei.”

Adapun film anime orisinal “My Neighbor Totoro” mengangkat cerita dua kakak-beradik bernama Mei dan Satsuki yang pindah ke desa dan bertemu dengan Totoro, seekor makhluk menakjubkan yang hanya bisa dilihat oleh anak-anak.