Drama panggung “My Neighbour Totoro” terancam karena gangguan listrik

Drama panggung "My Neighbour Totoro" alami gangguan listrik.

Drama panggungMy Neighbour Totoro” yang digelar di Barbican Centre terancam sebelum mulai karena mengalami gangguan listrik, sebagaimana dilaporkan oleh komite City of London Corporation.

Masalah yang muncul di teater London itu terjadi beberapa minggu sebelum drama panggung tersebut dimulai, tepatnya pada bulan Oktober 2022 lalu.

Untuk melindungi drama panggung adaptasi Studio Ghibli tersebut, Barbican Centre harus mengeluarkan dana sebesar £100.000 atau Rp1,8 miliar untuk sebuah generator.

CEO Barbican Centre Claire Spencer mengatakan peristiwa ini merupakan hal paling tidak biasa dan tidak memuaskan yang dialaminya.

“Tanpa adanya kerja keras dan komitmen dari tim teknik, kami akan kehilangan acara ini,” ujar Spencer, dikutip dari BBC, Kamis (19/1).

Infrastruktur Barbican Centre tampaknya memang sudah perlu dibenahi. Sebelumnya, pernah terjadi gangguan listrik dalam sebuah drama panggung lainnya di bulan September, di mana alat yang dipakai untuk mengangkat barang-barang berat tidak berfungsi.

Adapun adaptasi drama panggung “My Neighbour Totoro” merupakan kolaborasi antara produser eksekutif Joe Hisaishi dengan Royal Shakespeare Company.

Baca juga: Film terakhir sutradara “Spirited Away” dengan Studio Ghibli hampir rampung

Persiapan yang telah berlangsung selama 13 minggu dan acara yang dijadwalkan selesai akhir bulan Januari ini telah memecahkan rekor box office Barbican Centre ketika penjualan tiketnya dibuka.

Saat mengalami isu gangguan listrik ini, pihak penyelenggara sempat mengadakan survei pada tahun baru untuk memastikan adaptasi Studio Ghibli ini masih dapat dilanjutkan.

Pasalnya, menurut anggota komite lainnya, gangguan listrik tak hanya terjadi di dalam teater, tetapi juga area lainnya di dalam gedung.

City of London Corporation dalam laporannya mengatakan bahwa operasional untuk mengatasi isu ini akan dibagi menjadi tiga tahap, salah satunya ialah untuk mengatasi risiko gangguan atau kegagalan yang bisa menghentikan penampilan Totoro.

Sementara itu, agar drama panggung pada akhir Januari ini dapat terlaksana dengan lancar, perbaikan tahap kedua akan dilakukan setelah acara tersebut selesai.

Melansir Yahoo! News, “My Neighbour Totoro” merupakan animasi tahun 1998 dari Studio Ghibli yang menceritakan kisah dua orang kakak-adik yang pindah ke area rural Jepang pada 1995 karena ibunya yang sakit.

Keduanya kemudian masuk ke dunia fantasi yang didominasi Totoro, seekor hewan berbulu dan berbadan besar yang kemudian menjadi teman mereka.