Art Jakarta kembali hadir, merangkul 68 galeri lokal dan internasional

Pekan seni rupa kontemporer internasional termegah di Indonesia, Art Jakarta, kini hadir kembali! Kali ini, acara yang paling ditunggu-tunggu ini dijadwalkan berlangsung pada 17-19 November 2023.

Art Jakarta 2023 akan diselenggarakan di lokasi konvensi terkemuka, JIEXPO Kemayoran dengan menempati area gabungan Hall B3 dan C3.

Lokasi yang semakin luas tersebut tentu akan menghadirkan pameran yang lebih besar, mencakup lebih banyak eksibitor dibanding tahun lalu.

Total galeri yang akan ditampilkan di Art Jakarta 2023 yaitu 68 galeri, dengan 40 galeri berasal dari Indonesia dan 28 galeri dari mancanegara mulai dari Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, Taiwan, Korea Selatan, Tiongkok, Jepang, Rusia, dan Australia.

Baca Juga: Japanese Film Festival 2023 hadirkan 16 judul film dari berbagai genre

Art Jakarta kali ini menggandeng lebih banyak mitra

Tiga mitra utama Art Jakarta 2023 adalah Julius Baer, institusi terdepan dalam sektor wealth management di dunia dengan tradisi panjang sebagai patron seni.

Lalu ada UOB Indonesia, institusi perbankan regional sekaligus pendukung seni rupa yang konsisten mewujudkan komitmennya di Asia Tenggara.

Selain itu ada pula Bibit, aplikasi investasi digital pemenang penghargaan yang mendorong literasi finansial di seluruh Indonesia.

“Senang sekali tahun ini Art Jakarta bisa tampil di venue baru, JIEXPO Kemayoran. Kami menyemai harapan baru seiring kepindahan ke lokasi yang lebih besar ini, yang memungkinkan kami terlibat dengan lebih banyak kolaborasi dan mendatangkan karya-karya instalasi lebih besar,” ujar Tom Tandio, Fair Director Art Jakarta 2023.

Ia menambahkan, “Kami khususnya bangga memperoleh dukungan besar dari sehimpunan mitra yang berjajar bersama kami—semuanya menyajikan proyek atau presentasi hasil kolaborasi dengan para seniman di tempat masing-masing dalam satu area yang terintegrasi. Kami percaya edisi tahun ini akan melampaui harapan para pengunjung.”

Selain itu, ia menjelaskan bahwa kolektor dari mancanegara juga akan hadir dalam jumlah lebih besar mengingat bulan-bulan ini adalah kuartal keempat, musim yang lebih mendukung ketimbang jadwal Art Jakarta sebelumnya di bulan musim panas.

Ada tiga kolaborasi utama Art Jakarta dengan para mitra

Kolaborasi Art Jakarta dengan para mitra kali ini dapat dikategorikan menjadi tiga hal, yaitu penghargaan, presentasi, dan AJX.

Dalam penghargaan, para mitra akan menghadirkan karya yang baru-baru ini menjadi pemenang penghargaan, di mana Julius Baer meluncurkan karya-karya baru dari para pemenang Julius Baer Next Generation Art Prize in Asia 2023.

UOB juga menggelar UOB Art Space yang memamerkan karya-karya pemenang UOB Painting of the Year dari Indonesia hingga Asia Tenggara.

Sementara itu, Treasury, aplikasi perdagangan emas fisik secara digital, memamerkan karya pemenang Treasury Art Prize 2023, Eldwin Pradipta, yang berjudul Is “This Artwork” in the Room with Us Right Now?.

Ada pula SUPERLIVE yang menyajikan karya tiga pemenang kompetisi SUPERMUSIC-SUPERSTAR dalam sebuah instalasi multimedia bertema “Reconstruction The Deconstruction” untuk menyoroti proses kreatif seniman.

Untuk presentasi, akan ada presentasi istimewa oleh mitra Art Jakarta yang meliputi proyek-proyek seru seperti “Glass House” oleh Syagini Ratna Wulan, sebuah pengembangan dari “Lost Verses” yang ditampilkan di Venice Biennale 2019. Selain itu, masih banyak lagi presentasi lainnya.

Sedangkan AJX adalah prakarsa kolaboratif antara Art Jakarta dan institusi atau perusahaan swasta untuk menyajikan koleksi karya di hadapan publik di Art Jakarta.

Selain sajian bersama para mitra, Art Jakarta 2023 juga mengusung program yang menjadi unggulan tiap tahunnya, seperti Gallery, SPOT, Play by UOB Indonesia, SCENE, dan AJ TALK.

Tiket Art Jakarta 2023 mulai dijual pada 1 November 2023 di artjakarta.com!