Choupette, kucing mendiang Karl Lagerfeld, masuk daftar undangan spesial Met Gala 2023

Met Gala merupakan salah satu ajang bergengsi dunia fesyen yang berlangsung setahun sekali dan diikuti oleh tamu undangan mulai dari pelaku fesyen teratas hingga para selebriti.

Untuk tahun ini, Met Gala mengundang seorang, atau seekor tamu spesial. Ia adalah kucing kesayangan mendiang Karl Lagerfeld, Choupette the cat!

Kabar ini pertama dilaporkan oleh NEW YORK POST (10/4) dan dikonfirmasi langsung oleh agen Choupette. Ya, sang kucing kesayangan mantan direktur artistik CHANEL tersebut memiliki agennya sendiri.

“Dia (Choupette) mendapat undangan,” ujar sang agen, Lucas Berullier, pemilik My Pet Agency yang merupakan sebuah agensi hewan peliharaan yang menjadi influencer. (7/4)

“Ini adalah penghargaan terhadap warisan mendiang Karl, dan Choupette tentunya menjadi pusat dari warisan tersebut,” tambah Berullier. 

Baca juga: Disney+ garap serial kisah hidup Karl Lagerfeld, dibintangi Daniel Brühl

“Karl Lagerfeld: A Line of Beauty” jadi tema Met Gala 2023

Rupanya, tema dari Met Gala gelaran Costume Institute tahun ini adalah “Karl Lagerfeld: A Line of Beauty” yang merayakan karya-karya sosok legendaris fesyen tersebut.

Pasalnya, Karl Lagerfeld telah memberi kontribusi besar bagi perkembangan fesyen global dan bekerja untuk CHANEL, BALMAIN, dan sejumlah rumah mode bergengsi lainnya hingga kematiannya pada 2019 silam.

Menurut sejumlah sumber, Choupette diduga akan menjadi bintang utama dari Met Gala 2023 yang diawasi oleh pemimpin redaksi Vogue, Anna Wintour, dan digelar pada 1 Mei mendatang.

“(Saya membayangkan) dia masuk dengan rombongan besar, mungkin Anna, atau Grace Coddington,” ujar Michelle Baron, ilustrator buku “Where’s Karl?: A Fashion Forward Parody” (2015).

Baron lanjut mengatakan kepada NEW YORK POST, “Saya pikir cara ia (Choupette) akan menarik perhatian dengan datang sendirian, atau bahkan dengan selebriti seperti Beyoncé atau bodyguard Karl, Sébastien Jondeau.”

Berkenalan dengan kucing kesayangan Karl Lagerfeld, Choupette

Kucing Birman berbulu krem, Choupette, lahir pada 15 Agustus 2011 yang menjadikannya berzodiak Leo.

Mengutip New York Times, sebelum dipelihara Lagerfeld, kucing ini dimiliki oleh model Prancis Baptiste Giabiconi dan namanya dipilih karena merepresentasikan, “nama awam untuk perempuan cantik Prancis.”

Kepopuleran Choupette di muka global mulai mencuat sejak kemunculannya dalam cuitan Twitter pemimpin redaksi V Magazine, Stephen Gan, pada 2012 silam.

Sampai-sampai dua tahun setelahnya, jenama kosmetik Shu Uemura mendedikasikan lini khusus untuk Choupette. 

Tak hanya itu, kucing itu juga telah mengikuti kampanye mobil Jerman dan ikut berjalan di peragaan busana Karl Lagerfeld dengan duduk manis dalam tas Louis Vuitton seharga US$3.000.

Choupette merupakan ahli waris harta Karl Lagerfeld

Bagi Karl Lagerfeld, Choupette menjadi salah satu hal terpenting dalam hidupnya. Hal itu terbukti dari omongan Lucas Berullier yang menyatakan, “(Karl) sering mengatakan, “Dalam hidup saya, Choupette merupakan prioritas nomor satu”. Katanya, ia adalah segalanya.”

Bahkan, pada 2018 Lagerfeld menyatakan kepada majalah Prancis Numero bahwa Choupette menjadi salah satu ahli waris harta kekayaannya.

Sebagai informasi, sejak kepergian sosok fesyen tersebut, Choupette dirawat oleh mantan pekerja rumah Lagerfeld yang bernama Françouise Caçote.

Di luar itu, sesekali Choupette masih mengikuti kampanye jenama Karl Lagerfeld, hingga LucyBalu dan L’Oréal.

“Ia (Choupette) sangat dimanjakan oleh berbagai produk dan hadiah. Kebanyakan di antaranya akhirnya didonasikan. (Tapi) ia masih menikmati gaya hidup mewah,” pungkas Berullier.