HBO Max dan Discovery Plus berkombinasi meluncurkan Max

Warner Bros. Discovery sudah siap untuk mengumumkan penawaran kombinasi HBO Max dan Discovery Plus bernama Max.

Raksasa media tersebut akan secara resmi mengungkap layanan tersebut dalam acara konferensi pers pada Rabu (12/4) waktu setempat.

Menurut laporan The New York Times, dikutip dari The Verge, biaya berlangganan Max mencapai $16 atau sekitar Rp240.000 per bulan.

CEO Warner Bros. Discovery David Zaslav sendiri telah berencana untuk menyatukan kedua layanan tersebut sejak WarnerMedia merger dengan Discovery pada 2022 lalu.

Kombinasi layanan ini akan menghadirkan konten-konten dari Discovery Plus, termasuk “Deadliest Catch”, “Property Brothers”, dan “90 Day Fiancé”; serta konten populer HBO seperti “The Last of Us” dan “The White Lotus”.

Seorang sumber dari Warner Bros. Discovery mengatakan bahwa layanan terbaru Max akan menawarkan beberapa jenis langganan dengan harga yang bervariasi.

Salah satunya termasuk biaya langganan bebas iklan seharga $16 per bulan, yang mana jumlah ini sama dengan biaya langganan bebas iklan HBO Max saat ini. 

Sementara itu, berdasarkan prediksi The Verge, layanan dengan iklan kemungkinan dibanderol seharga $10 atau sekitar Rp150.000 per bulan, jika memang mengikuti harga layanan yang ditawarkan oleh HBO Max.

Baca juga: Warner Bros. hampir capai kesepakatan untuk serial “Harry Potter” di HBO Max

Max akan diluncurkan satu sampai dua bulan lagi

New York Times juga melaporkan bahwa Warner Bros. Discovery kemungkinan akan meluncurkan layanan streaming Max satu sampai dua bulan ke depan.

Sebelumnya, Zaslav sempat mengumumkan ia akan mendorong layanan kombinasi ini agar dapat segera diluncurkan pada musim semi.

Di lain sisi, beredar pula rumor yang menunjukkan bahwa Warner Bros. tak lagi memiliki rencana untuk menghentikan layanan Discovery Plus.

Adapun dalam konferensi pers nanti, Warner Bros. Discovery akan melaporkan perubahan teknologi pada Max, serta mengumumkan beberapa judul film dan acara televisi yang akan ada di dalamnya.

Warner Bros. Discovery targetkan 130 juta pelanggan pada 2025

Pada kuartal empat di tahun 2022 lalu, Warner Bros. Discovery melaporkan peningkatan jumlah pelanggan sebanyak 1.1 juta pada ketiga layanan streaming-nya, yakni HBO, HBO Max, dan Discovery Plus.

Jumlah tersebut meningkatkan jumlah pelanggannya menjadi 96.1 juta secara global, dengan target jumlah pelanggan yang ingin dicapai sebanyak 130 juta pada 2025 mendatang.

Perusahaan tersebut tentunya berharap kehadiran Max dapat meningkatkan jumlah pelanggannya, namun belum diketahui apakah Max bisa menarik pelanggan lama yang telah membayar untuk layanan streaming lama milik Warner Bros. Discovery.

Oleh sebab itu, agar dapat merealisasikan target 130 juta pelanggan, tampaknya perusahaan harus menghadirkan konten-konten yang berbeda ataupun harga berlangganan yang lebih terjangkau.