Karya seni Tromarama akan hadir di Liste Art Fair Basel 2023

Karya seni milik Tromarama, grup kolektif asal Bandung-Jakarta, akan hadir acara seni bertaraf internasional, Liste Art Fair Basel 2023.

Diselenggarakan pada 12 Juni hingga 18 Juni 2023 di Basel, Swiss, acara kali akan memamerkan proyek khusus site-specific milik Tromarama yang berjudul “Motherthumb” atau “Ibu Jari”.

Melansir laman resmi galeri seni ROH yang membawa karya Tromarama ke art fair tersebut, melalui “Motherthumb”, para seniman menyentuh rasa kelahiran yang meningkat di mana masyarakat mulai melakukan transisi kesadaran kolektif mereka ke ranah sistem operasi dan antarmuka digital.

Tak hanya itu, “Motherthumb” dari Tromarama mencoba membuat permainan kata dari “bahasa ibu”, di mana ibu jadi memiliki peran menjadi saluran utama untuk berkomunikasi.

Baca juga: Desainer Monica Ivena gandeng metahuman influencer AYAYI dalam pagelaran busananya

Sekilas tentang Tromarama

Dalam keterangannya, ROH menuliskan karya Tromarama “menjungkirbalikkan fungsi benda-benda yang diasosiasikan dengan waktu senggang untuk membahas pengertian tenaga kerja, dan sebaliknya.⁠”

Tromarama sendiri merupakan grup kolektif seni yang beranggotakan Febie Babyrose, Herbert Hans, dan Ruddy Hatumena.

Ketiganya memiliki minat artistik yang mencakup gagasan hiperrealitas dan keterkaitan antara dunia maya dan dunia fisik.

Karya Tromarama sering kali menggabungkan video, instalasi, dan pemrograman komputer berbasis algoritmik.

Menariknya, grup kolektif asal Indonesia ini telah beberapa kali berpartisipasi dalam pameran besar di berbagai institusi terkemuka di seluruh dunia.

Mereka pernah mengadakan pameran tunggal terpilih. 

Beberapa di antaranya, “Contraflow” di Kiang Malingue, Hong Kong, “PERSONALIA” di ROH, Jakarta, “Amphibia" di Center A, Kanada, dan “MAM Project 012: TROMARAMA” di Mori Art Museum, Jepang.

Selain pameran tunggal, Tromarama juga sempat menggelar beberapa pameran kelompok, seperti “Art Collaboration Kyoto” di Kyoto International Conference Center dan “Contemporary Worlds: Indonesia” di National Gallery of Australia.

ROH memboyong dua seniman Indonesia lainnya

Selain membawa Tromarama ke Liste Art Fair Basel 2023, ROH juga memboyong karya dua seniman Indonesia lainnya, yaitu Banny Jayanata dan Nadya Jiwa di Basel Social Club.

Basel Social Club merupakan klub seni yang didirikan oleh sekumpulan kolektif seniman, galeri seni, dan kurator yang telah berdiri sejak 2022.

Nantinya, pameran seni ini akan dibuka di sebuah pabrik mayonaise dekat kota Messeplatz, Basel.

Selaras dengan Art Basel dan Liste Art Fair Bassel 2023, pameran ini juga akan mengkolaborasikan seni, musik, dan gastronomi sepanjang art fair.

Pameran Basel Social Club akan dilangsungkan pada 11 Juni hingga 18 Juni 2023.