Prague Quadrennial 2023 dimulai, hadirkan berbagai instalasi dan pertunjukan

Prague Quadrennial of Performance Design and Space telah resmi dimulai pada Rabu (7/6) kemarin di Praha, Republik Ceko dan akan berlangsung selama 11 hari ke depan.

Edisi ke-15 festival multi-genre itu akan menghadirkan berbagai pertunjukan meriah di jalan-jalan sekitar Praha.

Selain itu, akan ada pula pameran utama yang akan diselenggarakan di Pasar Holešovice hingga pementasan orisinal oleh mahasiswa dan artis pendatang baru di Fakultas Teater (DAMU).

Terdapat pula pameran yang dipersembahkan di Trade Fair Palace of the National Gallery Prague dan didedikasikan untuk elemen skenografi serta karya arsitektur teater.

Baca juga: ArtMoments Bali perdana digelar, usung konsep hotel room art fair

Pasar Holešovice jadi pusat festival

Situs industri Pasar Holešovice akan menjadi pusat dari seluruh kegiatan di festival Prague Quadrennial 2023.

Pengunjung dapat menjelajahi tempat ini dan menyaksikan berbagai instalasi imersif serta dinamis di Main Square, sebagai bagian dari Pameran Mahasiswa.

Di lokasi yang merupakan ruang terbuka itu, terdapat pula panggung unik yang menampilkan pendekatan inovatif siswa dan seniman baru.

Secara keseluruhan, terdapat 100 instalasi yang dihadirkan oleh tim kreatif, mewakili 59 negara dan wilayah.

Direktur Artistik Prague Quadrennial of Performance Design and Space Markéta Fantanová mengatakan, terdapat empat poin tematik yang bergema di seluruh pameran yang ditampilkan di lokasi utama.

“Yang pertama berputar pada kerapuhan dan ketidakkekalan keberadaan manusia pasca pandemi, serta eksplorasi konsep ‘rumah’. Pameran lainnya menangkap esensi urbanisme, merenungkan hubungan antara ruang dan waktu, melihat ke tempat perakitan dan pemanfaatan ruang publik, baik fisik maupun digital,” ujarnya, dikutip dari siaran pers yang diterima TFR.

Lebih jauh, yang lebih menariknya lagi adalah bagaimana pameran tersebut mengambil inspirasi dari cerita rakyat tradisional, legenda, dan warisan budaya.

Fantanová lalu menambahkan, “Akhirnya, fokusnya adalah pada keberlanjutan, dengan karya-karya yang mengkritik konsumerisme dan jejak ekologi.”

Maka dari itu, negara dan wilayah yang berpartisipasi dalam festival dengan konsep artistik bertemakan “RARE” itu menampilkan mosaik kompleks dan keragaman budaya melalui beragam sarana ekspresi seni. Adapun ratusan karya yang dipamerkan tersebut telah melalui proses kurasi oleh tim artistik.

Berbagai pertunjukan yang dihadirkan di Pasar Holeševice akan melengkapi festival dan mengajak audiens untuk terlibat secara aktif dengan acara tersebut.

Instalasi inovatif lain dipamerkan di The Trade Fair Palace of the National Gallery Prague

Penikmat seni juga bisa menikmati instalasi inovatif lainnya yang dipamerkan di lantai lima gedung The Trade Fair Palace.

Terdapat lima bagian, salah satunya adalah Pameran Ruang Pertunjukan yang menampilkan kumpulan instalasi multimedia, mewakili 35 ruang lain yang didedikasikan untuk pertunjukan dan aksi perakitan budaya.

Kemudian ada ruang pameran Fragments II, di mana terdapat 23 karya yang meliputi model, adegan, dan objek manipulatif skala skenografi.

Prague Quadrennial 2023 juga mempersembahkan Penghargaan Publikasi Terbaik, menampilkan buku-buku terbaik. Sementara itu, di lantai dasar tersebut pameran “[UN]Common Design Project”, sebuah cerminan pameran fisik intervensi ke ruang publik dari mahasiswa di seluruh dunia yang berpartisipasi dalam festival ini.

Terakhir, terdapat Pertunjukan Prague Quadrennial yang digelar di Malá Dvorana atau Piazetta NGP.

Kemeriahan Prague Quadrennial juga dapat dirasakan di ruang publik

Tak hanya di Pasar Holešovice, semarak festival ini juga dapat dinikmati oleh pengunjung di berbagai tempat lainnya di Praha lewat berbagai acara kreatif, seperti di Taman Vltavská Park atau Pulau Štvanice.

Di DAMU dan teater DISK, akan ada pula program dari para mahasiswa, mulai dari rangkaian pertunjukan, instalasi, dan pameran.

Pada malam hari,  Prague Quadrennial didedikasikan untuk presentasi oleh berbagai tamu ternama, sebagai bagian dari diskusi program “PQ Talks” yang diselenggarakan di gedung teater Jatka78, tempat di mana upacara penghargaan akan diadakan pada 13 Juni mendatang. 

Festival ini juga memiliki program “PQ Chill” untuk pertunjukan langsung dan set musik.