Malam Anugerah Piala Citra FFI 2023 digelar 14 November mendatang

Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2023 akan berlangsung pada 14 November 2023 mendatang di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta.

Puncak penghargaan perfilman tertinggi di Indonesia itu mengangkat tema dan konsep “Citra” yang menjadi nama penghargaan FFI sejak tahun 1967 silam.

“Kami ingin memberikan suguhan kepada insan perfilman dan masyarakat bahwa film dan para insan film yang masuk nominasi tahun ini juga menjadi bagian dari citra perfilman kita,” ujar Ketua Komite FFI 2021-2023 Reza Rahadian.

Sebelumnya, FFI 2023 telah lebih dulu mengumumkan daftar nominasi pada 14 Oktober lalu di Museum Nasional Indonesia.

Adapun perhelatan tahun ini menjadi tahun terakhir Komite FFI periode 2021-2023. Menurut Reza, telah banyak dinamika perfilman yang telah dilalui selama tiga tahun terakhir.

Ia berharap, “Semoga pada tahun terakhir periode saya menjabat sebagai Ketua Komite FFI, saya dan seluruh anggota Komite FFI 2021-2023 bisa memberikan yang terbaik untuk publik, baik secara penyelenggaraan dan penilaian untuk seluruh nominasi.”

Baca juga: Japanese Film Festival 2023 hadirkan 16 judul film dari berbagai genre

Makin meriah dengan penampilan musisi tanah air

Acara Malam Anugerah Piala Citra FFI 2023 akan dimeriahkan dengan kehadiran dua musisi ternama Indonesia, yakni Iwan Fals dan Rossa.

Keduanya akan membawakan lagu hit mereka dan beberapa lagu nominasi kategori tema lagu terbaik FFI 2023.

Dengan begitu, kehadiran kedua musisi tersebut akan menghibur para tamu undangan dan penonton yang menyaksikan melalui siaran langsung.

Turut hadir Direktur Jenderal Kemendikbudristek Hilmar Farid yang mengapresiasi penyelenggaraan FFI yang telah mendukung ekosistem kesenian dan kebudayaan, khususnya di dunia perfilman lokal.

“Semoga dengan selalu terselenggaranya FFI juga bisa menjadi barometer perfilman Indonesia pada masa kini dan mendatang,” ujar Hilmar dalam kesempatan sama.

Sebagai informasi, acara ini dihadiri oleh Agni Ariatama, Andhy Pulung, Ekky Imanjaya, J.B. Kristanto, Raihaanun, Sekar Ayu, Shanty Harmayn, dan Yayu Unru sebagai Dewan Juri Akhir (DJA) Film Cerita Panjang.

Sementara itu, DJA FFI 2023 melibatkan berbagai unsur ekosistem perfilman, mulai dari produser, pemeran, kritikus, sampai akademisi.

DJA Film Cerita Pendek sendiri beranggotakan Nauval Yazid, B.W. Purba Negara, dan S.M. Gietty Tambunan. Sedangkan untuk DJA Film Dokumenter ialah Yuda Kurniawan Arifianto, Arfan Sabran SSI, dan Yuli Andari Merdikaningtyas.

DJA Film Animasi terdiri dari Daryl Wilson, Aditya Triantoro, dan Wardana Riza. Untuk DJA Kritik Film terdiri dari Anton Sutandio, IGAK Satrya Wibawa, dan Annisa Rahmatika Sari.

Terakhir ada Dewan Pengabdi Seumur Hidup untuk Film tahun ini yang terdiri dari Christine Hakim, J.B. Kristanto, serta Slamet Rahardjo Djarot.

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, Malam Anugerah Piala Citra FFI 2023 ini juga akan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube dan Instagram Festival Film Indonesia, jadi jangan dilewatkan ya!