“The Sims” hadapi gim saingan baru “Life by You” yang dibuat mantan pengembangnya

"The Sims" memiliki saingan gim "Life by You".

Waralaba “The Sims” yang pertama kali diluncurkan pada 2000 silam telah menjadi gim simulasi favorit banyak pemain dalam beberapa dekade ini, utamanya karena kurangnya kompetitor gim serupa di pasaran.

Namun, industri gim simulasi serupa tampaknya mulai kembali diminati belakangan ini, terutama dengan banyaknya pengembang gim indie yang mampu menyaingi gim besutan Electronic Arts (EA) itu.

Salah satunya ialah “Life by You”, yang diciptakan oleh Paradox Interactive dan dipimpin oleh Rod Humble, seorang mantan pengembang “The Sims” yang bahkan memiliki karakter dalam gim yang dibuat khusus untuknya pada “The Sims 2”.

Keahlian Humble pada genre gim tersebut, sekaligus pengetahuannya mengenai EA, membuat gim “Life by You” memiliki kualitas spesial yang lebih menarik.

Melansir IGN, hal tersebut turut terlihat dari sebuah cuplikan terbaru yang diunggah oleh Paradox Interactive di kanal YouTube miliknya.

Baca juga: Unreal Editor for Fortnite, perangkat kreatif terbaru dengan persenan lebih besar untuk kreator

“Life by You” dianggap lebih menarik daripada “The Sims”

Selain karena dibuat oleh mantan karyawan EA, terdapat sejumlah alasan lainnya mengapa “Life by You” dinilai lebih menarik daripada “The Sims”, yakni sebagai berikut:

1. Open world

Di “The Sims”, menjelajah ke area berbeda, merencanakan acara, atau bahkan mengubah pakaian kerap kali menjadi proses yang membosankan karena semuanya memerlukan proses transisi dan loading pada layar.

Menanggapi keluhan yang sering dilontarkan oleh pemain “The Sims”, Humble menciptakan gim open world pada “Life by You” yang memungkinkan pemain untuk bebas mengeksplorasi dunia dalam gim.

Tim gim “Life by You” bahkan pernah membocorkan bahwa avatar dalam gim dapat bersepeda di sekitar area, yang mana hal ini merupakan hal yang tidak mungkin terjadi di “The Sims” sebelum ekspansinya beberapa waktu lalu.

2. Pengalaman bermain yang berbeda

“The Sims 4” menawarkan base game yang terbatas, dan pemain harus membeli paket ekspansi untuk mendapatkan pengalaman bermain gim yang seru.

Sementara itu, “Life by You” menawarkan detail dengan tampilan premium dan customizable dari mebel hingga berbagai dekorasi dinding.

Lebih lanjut, “Life by You” memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan semua hal di dunia gim, termasuk taman-taman dan area yang tidak mereka miliki, tanpa harus menggunakan kode cheat.

3. Simulasi real-life

Paradox Interactive juga telah memberikan cuplikan bagaimana dialog di dalam “Life by You” akan mengikuti bahasa di kehidupan nyata, lengkap dengan ekspresi manusia yang tidak ditemukan pada waralaba “The Sims”.

Animasi interaksi seperti berpelukan, berciuman, dan bergandengan tangan juga akan terlihat lebih halus dan mirip dengan asli, membuat pemain memiliki hubungan emosional lebih mendalam dengan para avatarnya.

Dengan fitur-fitur yang ditawarkan pada kompetitornya, diharapkan “The Sims 4” dapat meningkatkan pengalaman bermain gimnya. Adapun pemain sudah dapat melakukan pre-order “Life by You” melalui Epic Games Store, dengan akses awal ke gim dimulai pada 12 September mendatang.