Bahasa Indonesia diajarkan di Universitas Harvard mulai tahun ini

Bahasa Indonesia diajarkan di Universitas Harvard.

Bahasa Indonesia kini akan diajarkan di Universitas Harvard, bersamaan dengan bahasa lainnya, yakni Bahasa Tagalog dari Filipina dan Thai dari Thailand.

Sebagaimana diwartakan koran kampus Universitas Harvard, The Harvard Crimson, dikutip dari CNN Indonesia, Kamis (30/3), keputusan untuk menggelar perkuliahan ketiga bahasa tersebut ialah untuk mengembangkan studi budaya Asia Tenggara.

Nantinya, Departemen Studi Asia Selatan di salah satu kampus terkemuka dunia itu akan merekrut tiga pengajar untuk mengajar Tagalog, Bahasa Indonesia, dan Thai.

Adapun perkuliahan untuk ketiga bahasa itu akan dimulai pada tahun ajar 2023-2024. Sebagai informasi, studi budaya Asia Tenggara masih berada di bawah naungan Departemen Studi Asia Selatan karena Universitas Harvard belum memiliki departemen khusus.

Sebelumnya, Universitas Harvard sendiri sudah pernah mengajarkan Bahasa Indonesia dan Thai. akan tetapi, menurut The Harvard Crimson, ini merupakan kali pertama kampus tersebut mengadakan kelas untuk Tagalog.

Baca juga: Lima bahasa daerah di Provinsi Maluku telah punah

Universitas Harvard berharap dapat meningkatkan pendidikan soal Asia Tenggara

Menurut dosen Peradaban dan Bahasa-bahasa Asia Timur yang merupakan Direktur The Asia Center, James Robson, pihaknya telah menghabiskan lebih dari dua tahun untuk bekerja meningkatkan pendidikan mengenai Asia Tenggara di Harvard.

“Apa yang saya harapkan adalah bahwa kami bisa mendemonstrasikan bahwa ada permintaan atas bahasa-bahasa ini dan mahasiswa datang dan berminat dengan ini,” ungkap Robson.

Ia juga berharap dapat menggunakan kesempatan ini agar pemerintah dapat mendukung studi Asia Tenggara.

“Kemudian semoga kami juga bisa menggunakan ini untuk meyakinkan pemerintah untuk lebih mendukung studi Asia Tenggara secara umum dan pengajaran bahasa pada khususnya,” sambungnya.

Negara lain dengan kampus yang mengajarkan kelas Bahasa Indonesia

Selain Universitas Harvard, sebelumnya sudah ada beberapa kampus negara asing lainnya yang menyediakan pendidikan mengenai Bahasa Indonesia.

Universitas Turku di Finlandia misalnya, yang pernah mengadakan kuliah Bahasa Indonesia. Kemudian di Korea Selatan ada pula Hankuk University of Foreign Studies.

Ada pula kampus di Jepang, yakni Tokyo University of Foreign Studies. Sementara itu, di Thailand, Universitas Chulalongkorn dan Universitas Neresuan juga mengajarkan Bahasa Indonesia.

Selain beberapa kampus negara asing, Bahasa Indonesia juga sudah banyak dipelajari di sekolah-sekolah di Australia.

Bahkan, di sana, tak sedikit sekolah yang mengharuskan para muridnya untuk belajar Bahasa Indonesia sampai menginjak kelas 7.